Uang Muka Dilonggarkan Akan Dongkrak Pertumbuhan KPR

Suasana di suatu Pameran Properti di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – PT Bank Arta Graha Internasional Tbk (INPC) menyambut baik uang muka properti hingga 10 persen. Diharapkan, kebijakan makro prudensial Bank Indonesia yang berlaku 29 Sepetember 2016 mendatang tersebut, dapat menumbuhkan kredit perumahan.

Bos BTN Tegaskan Kolaborasi dengan REI Bukan Sekadar Bisnis Semata

"Dengan adanya aturan itu, kami memandang sangat positif sekali. Ya, diharapkan hal tersebut, juga  bisa membuat pergerakan yang lebih positif dalam hal market, khususnya dan perumahan tersebut," kata Direktur Utama INPC, Andy Kasih di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis 1 September 2016.

Menurut Andy, ke depannya masyarakat masih membutuhkan perumahan. Sehingga, sektor properti dapat terus tumbuh dan perkembangannya dapat terus signifikan.

JICA, BCA dan Citi Suntik BTN Rp1,4 T untuk Program Satu Juta Rumah

Dengan pemberlakuan ketentuan pelonggaran loan to value (LTV), atau rasio besarnya kredit yang baru tersebut, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) lebih tinggi dari saat ini. ”Ini membuat pergerakan yang lebih positif, khususnya kredit perumahan,” tuturnya.

Namun, Andy mengingatkan, peraturan pelonggaran LTV itu akan efektif, jika daya beli masyarakat kuat dan didukung oleh kondisi makro ekonomi.

PUPR: Program Sejuta Rumah 2021 Terealisasi 1.105.707 Unit

"Menurut saya, masih belum maksimal, karena memang ada pengaruh-pengaruh dampak secara makro secara keseluruhan. Walaupun peraturan itu sudah ada kelonggaran, namun dampak secara makro masih agak susah, pengaruh ke daya beli masyarakat," ujarnya.

Seperti diketahui, pelonggaran LTV itu  tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia  nomor 18/16/PBI/2016 tentang rasio LTV untuk pembiayaan properti dan uang muka untuk kredit atau  pembiayaan Kendaraan bermotor. (asp)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kata Menteri Basuki soal Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Program 3 juta rumah menjadi salah program yang dicanangkan oleh pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024