Jelang Idul Adha, Berapa Harga Daging Sapi Dipatok?

Pedagang daging sapi di pasar tradisional.
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id –  Ketua Asosiasi Pedagang Sapi Indonesia (APDASSI) Asnawi mengatakan, harga daging sapi diperkirakan tetap bertahan diharga Rp117.700 per kilogram hingga hari Raya Idul Adha. 

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Menurutnya, harga rata-rata jual itu ada di posisi Rp80 ribu per kg, Rp95 ribu per kg, Rp110 ribu per kg, Rp115 ribu per kg, Rp120 ribu per kg, dan Rp130 ribu per kg. Dari itu, telah diperhitungkan antara plus dan minusnya, sehingga ditentukan harga saat ini ada di level Rp117.700 per kg.

Sedangkan dalam sisi supply (penawaran) dan demand (permintaan), menurut Asnawi, supply mencukupi dan demand stabil, atau tidak seperti hari raya Idul Fitri pada Juli 2016 lalu. Sehingga, dalam hal ini dikatakan tidak ada lonjakan permintaan secara signifikan.

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik jadi 136,7 Juta Orang

Sedangkan untuk daging impor, Asnawi mengatakan, daging yang diimpor adalah daging kerbau. "Soal kita impor daging itu iya. Nah, daging apa? Kemungkinan besar itu daging kerbau," katanya.

Data yang diterima APDASSI, pemerintah telah menjadwalkan 27 ribu ton daging yang akan masuk ke Indonesia secara bergiliran tahun ini. Tahap pertama sudah masuk 9.000 ton daging pada Agustus 2016.

Heboh, Gerakan Sholat Paspampres saat Mengamankan Jokowi

Sementara itu, salah satu pedagang daging di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Dadi Sutisna (53 tahun) mengatakan, harga daging sapi saat ini Rp120 ribu per kilogram. 

"Sementara, Rp120 ribu per kg, kemungkinan saat Lebaran (Idul Adha) sekitar Rp125 ribu-Rp130 ribu per kg. Untuk stok pun tidak ada penambahan, tidak seperti Idul Fitri," kata Dadi saat ditemui VIVA.co.id. (asp)

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Puasa memiliki arti menahan diri dari hal buruk seperti lapar, haus, syahwat, dan sebagainya dari subuh hingga magrib. Itu adalah puasa wajib dengan waktu sebulan penuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024