Luhut Targetkan RUU Minerba dan Migas Rampung Tahun Ini

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa pihaknya dengan DPR telah sepakat untuk merampungkan Revisi Undang-Undang (RUU) Mineral dan Batubara (Minerba) dan RUU Minyak dan Gas Bumi (Migas) selesai tahun ini. 

Peran Realistis Hulu Migas dalam Transisi Energi

"(RUU Minerba) Kita sepakat akan diselesaikan tahun ini bersama juga dengan RUU Migas. Itu nanti Inisiatif DPR, kan masuk Prolegnas (Program Legislasi Nasional). Tentu kami akan berikan masukan," kata Luhut di usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Kamis 1 September 2016. 

Dalam RUU Minerba, ujar Luhut, pihaknya akan membicarakan bagaimana relaksasi aturan dilakukan yang tentunya berkeadilan bagi semua perusahaan tambang. Ia membantah bahwa relaksasi aturan hanya dilakukan untuk perusahaan tertentu seperti Freeport.

Cadangan Melimpah, RI Butuh Inisiatif Kejar Target Produksi Migas

"Artinya tidak hanya berlaku pada beberapa perusahaan atau komoditi saja. Ada delapan komoditi yang akan diakomodir dalam relaksasi UU minerba," kata Luhut. 

Luhut mengatakan, bahwa pihaknya dengan DPR sepakat pada desember tahun 2016 kedua UU tersebut harus selesai. Ia menyebut misalnya untuk RUU Minerba diperlukan agar menjamin kepastian investasi. Sebab, kata dia semenjak UU Minerba nomor 4 Tahun 2009 diberlakukan banyak pembangunan smelter atau fasilitas pengolahan dan pemurnian untuk tambang melambat. 

Medco Energi Terbitkan Obligasi Senilai Rp5,7 Triliun

"Setelah keluar UU minerba tahun 2009 tidak kita buat peraturan pelaksanaannya. Sehingga semua terlambat, karena keterlambatan ini terjadilah beberapa smelter yang bermasalah. Sekarang ingin kita perbaiki. Kalau nanti ada relaksasi itu akan sejalan terkait pembangunan progres smelter," kata dia.

(ren)

ilustrasi industri migas.

Medco E&P Kembali Pasok Gas ke Pupuk Sriwijaya dan Teken LoA

Selain PJBG itu, Medco E&P juga menandatangani beberapa Letter of Agreement (LoA) dengan beberapa perusahaan domestik lain terkait penyesuaian harga gas.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2021