Pejabat BI Sebut Manado Layak Ditiru Soal Pariwisata

Pantai Malalayang, Manado
Sumber :
  • Agustinus Hari/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Manado telah menjadi model pengembangan pariwisata sebagai sumber ekonomi baru. Manado dinilai berhasil membangun sektor pariwisata dengan mendatangkan ribuan turis Tiongkok ke Manado. 

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Manado telah menjadi pintu akses masuk wisatawan Tiongkok ke Sulawesi Utara. Sejak awal Juli lalu sudah sekitar 18 ribu turis asal Tiongkok datang ke Manado melalui penerbangan charter atau sewa. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan pariwisata menjadi sumber ekonomi baru yang cepat dan sangat menjanjikan. 

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

"Provinsi Sulawesi Utara sudah bisa mempercepat industri pariwisata. Manado menjadi destinasi internasional dengan memberikan bebas visa dan direct flight (penerbangan langsung), bekerja sama dengan agen tour turis-turis tiongkok," kata Perry di Manado, Jumat 2 September 2016. 

Perry memuji tingginya jumlah wisatawan Tiongkok yang tiba di Manado. Diutarakannya, pariwisata akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang terus langgeng mendorong ekonomi Sulut.  

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Dia mendorong Manado membangun industri pariwisata dengan membuat paket-paket wisata, dan tempat-tempat wisata baru untuk mendorong datangnya wisata mancanegara dan domestik. 
 
 "Wisatawan domestik dan internasional harus kita garap. Model pengembangan pariwisata dapat kita lihat dari industri pariwisata Manado ini dan bisa dicontoh daerah lain," katanya. 
  
Menurutnya, kemudahan dan kenyamanan untuk traveling lebih penting dari kualitas infrastruktur. Demikian juga wisata terorganizir secara online  karena sekarang orang-orang mencari informasi wisata melalui Google. 

"Itu harus dikembangkan di Manado dan daerah-daerah lain. ini yang bisa berkembang lebih lanjut. Pariwisata sebagai alternatif untuk mendorong pertumbuhan lebih cepat dan dampak berantainya lebih besar ke industri-industri lain," ujarnya. 

Ilustrasi Traveling

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Tahun ini, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia akan banyak mengusung tema, konsep, serta program yang terkait pariwisata hijau dan berkelanjutan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024