TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Meski Sulit, Menko Darmin Pede Rkonomi RI Tumbuh 5,2 % 2016

Menkeu Sri revisi asumsi pertumbuhan ekonomi tahun ini.
Meski Sulit, Menko Darmin Pede Rkonomi RI Tumbuh 5,2 % 2016
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution (Istimewa)

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memutuskan untuk merevisi target pertumbuhan ekonomi yang dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016, sebesar 5,2 persen menjadi 5,1 persen. 

Ini memperhitungkan dampak dari pemotongan anggaran, yang mampu mengurangi 0,1 persen angka pertumbuhan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, meskipun sulit, dia tetap optimistis target yang sudah ditetapkan dalam APBN-P 2016 bisa tercapai.

"Saya tetap menganggap masih bisalah 5,2 persen," ujar Darmin, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 2 September 2016.

Keyakinan Darmin bukan tanpa alasan. Menurut dia, kontribusi dari Pembentukan Modal Tetap Bruto dalam bentuk investasi mampu berkontribusi lebih menggenjot pertumbuhan di sisa tahun ini. Sebab, realiasi beberapa mega proyek investasi ada kemungkinan terjadi pada tahun ini.

"Terutama, investasi di listrik yang 35 ribu megawatt itu sebagian sudah financial proses. Kemudian, ada juga yang financial closing pada tahun ini. Itu mestinya sudah mulai dia (ada dampaknya)," kata dia.

Mantan Direktur Jenderal Pajak itu mengakui, pemotongan anggaran yang dilakukan Menkeu Sri Mulyani, akan berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Namun, selama komponen investasi mampu berkinerja positif, maka tidak akan ada yang perlu dikhawatirkan.

"Tapi kalau semuanya turun (konsumsi masyarakat dan pemerintah, investasi, dan kinerja ekspor impor memburuk), jelas saja ada pengaruhnya ke pertumbuhan," ungkapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP