Anindya Bakrie Yakin Tax Amnesty Punya Beragam Manfaat

Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), Anindya Novyan Bakrie (tengah), usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Visi Media Asia Tbk. di Jakarta, 2 September 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), Anindya Novyan Bakrie, mengapresiasi program kebijakan pemerintah soal pengampunan pajak atau tax amnesty. Menurut dia, program ini dapat mendongkrak perekonomian Indonesia, terutama dari sisi pendapatan pajak.

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

"Kalau saya lihat, program ini sesuatu yang bagus, karena itu menandakan bahwa pemerintah benar-benar menaikkan basis pembayar pajak," ujarnya, saat ditemui di mandarin Hotel Jakarta, Jumat, 2 September 2016.

Anindya menuturkan, program tax amnesty bukan hanya meningkatkan pendapatan negara dari sisi pajak tahun ini, melainkan meningkatkan pendapatan negara dari sisi pelebaran aset ke depannya.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

"Dengan cara memberikan insentif bagi mereka yang asetnya belum terdaftar di (Surat Pemberitahuan Tahunan) SPT 2015, atau pun tidak didaftarkan sama sekali, atau pun belum punya NPWP (nomor pokok wajib pajak)nya," tuturnya.

Anindya mengaku optimistis atas target ambisius pemerintah soal pendapatan dari tax amnesty sebesar Rp165 triliun. Sebab, rasa optimis tersebut juga didukung oleh para pengusaha Tanah Air yang berkeyakinan, dana tersebut akan dilarikan pada proyek produktif seperti infrastruktur.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

"Jadi, saya rasa akan bagus perekonomian, apalagi sekarang pemerintah lagi sedang giat-giatnya bangun infrastruktur, yang kita tahu pendanaannya butuh lebih," ujar Anindya , yang juga Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Di samping itu, Anindya secara pribadi mengaku akan turut berpartisipasi mengikuti program tax amnesty.

"Intinya, pasti kita akan dukung. Kalau kita lihat, Bakrie ada keluarga dan perusahaan, sebisa mungkin kita ikut, karena bukan hanya hak, tetapi bagus untuk perekonomian dan grup. Khususnya, saya sebagai wakil ketua umum Kadin (Kamar Dagang Industri), bukan hanya satu pihak, tetapi semuanya ingin berpartisipasi," tuturnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya