IBDExpo 2016 Hadirkan BUMN Singapura dan China

Kantor Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menyelenggarakan Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) 2016 pada tanggal 8-11 September 2016, di Jakarta Convention Center (JCC). 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Ajang IBDExpo ini menjadi ajang pertama yang dilaksanakan Kementerian BUMN melalui empat perusahaan yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC). Di antaranya adalah PT Balai Pustaka (Persero), Perum LKBN Antara, Perum PNRI, dan Perum PFN. 

Dalam ajang ini akan ada konferensi bertaraf internasional yang mana akan menghadirkan perusahaan ternama di dunia. Salah satunya adalah Temasek Holdings yang merupakan perusahaan investasi milik pemerintah Singapura. 

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

"Kita akan mendatangkan BUMN Luar Negeri seperti Temasek, akan ada sharing section mengenai bagaimana mengelola perusahaannya, kemudian BUMN China dan kita masih menunggu konfirmasi Khazanah Nasional Berhad," kata Ketua Panitia IBDExpo 2016 Hempi N Prajudi di Kementerian BUMN, Jumat, 2 September 2016. 

Ia mengatakan bahwa dengan hadirnya BUMN dari luar negeri ini akan memberikan masukan-masukan kepada seluruh BUMN di Indonesia. Apalagi wacana Indonesia dalam merealisasikan Holding semakin kuat. 

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

IBD Expo 2016 juga akan diisi oleh acara minister lecture yang dilakukan oleh langsung Menteri BUMN Rini Soemarno. "Dan minister lecture ini pesertanya satu tingkat di bawah direksi, yaitu para general manager yang merupakan generasi penerus BUMN," tambahnya.

Selain itu terdapat acara pendukung seperti Panggung Rakyat yang setiap hari akan diisi dengan pertunjukan kesenian rakyat, terutama kesenian rakyat yang menjadi binaan BUMN, kemudian Mini bioskop yang akan menampilkan film-film produksi Perum PFN yang diputar setiap hari selama IBDExpo berlangsung. 

Terdapat pula gelaran produk inovasi dan unggulan BUMN yang dipajang di area khusus berupa Senjata Api milik PT Pindad, Tank Anoa, Kapal produksi PT PAL, Mokap Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan Flight Simulator PT Dirgantara Indonesia, yang semuanya dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung di area tersebut.

Adapun, acara expo ini juga diikuti oleh beberapa perusahaan BUMD serta mitra binaan BUMN. Tujuan acara ini untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai perkembangan kinerja, dan peran BUMN melalui program BUMN Hadir untuk negeri, serta memperlihatkan komitmen BUMN dalam membangun dan memberdayakan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.
 
IBDExpo 2016 direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 September 2016. Acara pembukaan akan dihadiri oleh para undangan antara lain Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Daerah, Menteri Kabinet Kerja Republik Indonesia, Duta Besar Negara Sahabat, serta pimpinan Perusahaan luar negeri yang berjumlah lebih kurang 1.000 undangan.

Selama IBDExpo berlangsung seluruh masyarakat dipersilakan untuk berkunjung dan melihat langsung karya-karya terbaik BUMN melalui produk dan layanan yang dipamerkan di setiap stan-stan peserta.???

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya