TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Kesalahan Fatal Saat Dapat Uang Warisan

Mendapatkan warisan adalah suatu impian setiap orang.
Kesalahan Fatal Saat Dapat Uang Warisan
Ilustrasi banyak uang dari warisan. (U-Report)

VIVA.co.id – Mendapatkan warisan adalah suatu impian setiap orang yang ingin mendapatkan uang atau pun barang dengan cara yang cepat tanpa perlu bersusah payah bekerja. Meskipun begitu tidak setiap orang bisa mendapatkan warisan dengan jumlah yang besar.

Semua itu tergantung dari kondisi finansial keluarga Anda. Tentunya jika mendapatkan warisan yang besar sudah terbayang di benak anda apa saja yang ingin Anda beli dengan uang tersebut.

Nah, biasanya banyak sekali terjadi uang warisan, yang habis begitu saja tanpa meninggalkan jejak. Orang- orang tersebut menghabiskan harta warisan karena mereka memang tidak mengerti bagaimana memutar uang tersebut, dan hanya menuruti hawa nafsu mereka untuk menyenangkan diri sendiri.

Tipe orang seperti itu biasanya menghabiskan uang warisan hanya untuk keperluan konsumtif, seperti membeli barang-barang mewah, jalan- jalan, membeli makanan-makanan mahal, dan sebagainya.

Nah, pemanfaatan uang yang tidak benar inilah yang disebut dengan perilaku foya-foya. Banyak orang yang tidak sadar ketika mereka terperangkap dalam keadaan seperti ini.

Mereka menganggap hal seperti itu sudah biasa dilakukan dan karena merasa uang tersebut adalah miliknya sendiri maka tidak ada salahnya menghabiskan uang tersebut. Namun yang terjadi adalah penyesalan pada saat harta warisan tersebut habis, karena harta yang sudah dihambur-hamburkan tidak akan pernah kembali.

Lalu bagaimana agar harta warisan tidak habis begitu saja?  Berikut ini beberapa langkah dan tips yang  bisa anda ikuti untuk memanfaatkan harta warisan yang anda dapatkan agar lebih produktif:

Investasi

Banyak sekali investasi yang bisa dilakukan diantaranya investasi properti, tanah, maupun investasi lainnya yang berguna untuk meningkatkan profit jangka panjang. Memang hasil dari investasi tidak akan terasa dalam jangka pendek.

Namun pasti akan terasa berguna ketika beberapa tahun yang akan datang. Anda tidak akan menyadari aset yang dimiliki ternyata harganya sudah berkali-kali lipat, dibandingkan saat anda membeli aset tersebut. Maka dari itu, jangan ragu untuk menginvestasikan harta warisan anda sekarang juga.

Baca Juga: Kuliah Di Luar Negeri, Ini Cara Bertahan Hidup Di Sana

Melunasi Utang

Ini adalah hal wajib yang harus dilakukan dengan harta warisan Anda. Jika orang tua yang meninggalkan harta warisan ini kepada Anda masih memiliki utang, segera lunasi utangnya.

Begitu juga dengan utang yang Anda miliki. Karena Anda tidak pernah tahu kapan harta sebesar ini bisa didapatkan lagi maka sebaiknya anda melunasi hutang yang anda miliki sebelum terlambat.

Baca Juga: Kredit Mobil, Mau Pilih Di Bank Atau Leasing?

Berkomunikasi dengan baik bersama keluarga

Untuk Anda yang sudah menikah dan memiliki anak. Tentunya kebutuhan juga pasti sudah meningkat. Harta warisan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak Anda kelak.

Seperti kebutuhan pendidikannya, kebutuhan konsumtifnya, atau kebutuhan lainnya yang menunjang kehidupan anak anda nanti. Sehingga dia tidak perlu kesulitan lagi dalam mencapai impiannya di masa depan kelak.

Hindari menggunakan seluruh harta warisan untuk keperluan konsumtif.

Bagi anda yang mendapatkan harta warisan tentunya merasa seperti kejatuhan durian runtuh. Anda pun memikirkan hal-hal apa saja yang dulu ingin dibeli.

Anda lalu berniat untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan konsumtif Anda. Namun, sebaiknya Anda berpikir ulang sebelum melakukan hal tersebut.

Tentunya dalam hidup kita pasti ada kejadian yang tidak terduga dan mendesak. Contohnya ketika kita sedang sakit dan membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Tentunya uang tersebut akan sangat berguna sekali untuk membiayai pengobatan anda dan tentunya biaya tersebut tidak kecil.

Jadi, sebaiknya anda  pikirkan baik-baik dan gunakan harta warisan untuk keperluan konsumtif dengan bijak.

Baca Juga: Dapat Warisan Tak Terduga, Apa yang Mesti Dilakukan?

Tidak ada salahnya untuk sedikit menghibur diri

Sebagai manusia biasa tentunya tak pelak kita pun mempunyai keinginan untuk membeli barang-barang dan juga jalan-jalan ke suatu tempat. Tapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gunakan harta warisan untuk keperluan konsumtif tersebut dengan bijak.

Artinya anda harus membuat rencana berapa uang yang harus dikeluarkan untuk biaya tersebut. Tentunya dengan perencanaan yang baik Anda masih bisa bersenang- senang tanpa perlu menghabiskan uang warisan anda.
Baca Juga: Cara Jitu Jual Beli Tanah Warisan
 

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP