TUTUP
TUTUP
BISNIS

Agar Kaya, Belajarlah dari Permainan Monopoli

Permainan monopoli sudah banyak diketahui banyak orang.
Agar Kaya, Belajarlah dari Permainan Monopoli
Permainan monopoli edisi Indonesia  (VIVAnews/Mutia Nugraheni)

VIVA.co.id – Permainan monopoli sudah banyak diketahui banyak orang. Permainan jenis papan ini minimal dimainkan oleh dua orang secara langsung.

Dalam versi terkini dan terbaru, permainan monopoli dapat dilakukan secara tidak langsung melalui permainan online pada gawai smartphone. Bermain monopoli membutuhkan strategi dan kematangan berpikir dalam membuat keputusan dalam pengelolaan aset finansial, baik berupa uang, tanah, rumah, hotel dan lainnya.

Tujuan dari bermain  monopoli pada umumnya adalah untuk mengisi waktu luang dan menyembuhkan kepenatan dan kebosanan. Namun, dengan memilih permainan yang tepat, kita bisa sekaligus belajar mengelola keuangan, yang lebih baik dalam menghadapi banyak situasi.

Terutama pada permainan monopoli, pemainnya akan diajak untuk bisa menghadapi berbagai situasi keuangan, baik itu ketika berada dalam kondisi “beruang,” bahkan hingga dalam kondisi bangkrut. Belajar pengelolaan keuangan pun bisa dilakukan dengan menyenangkan.

Berikut hal-hal yang bisa dipelajari melalui permainan monopoli:

1. Mengelola aset

Dalam permainan monopoli, pemainnya akan diajak untuk tahu dalam mengelola segala aset kekayaan yang dimiliki. Dimulai dari uang yang dimiliki sejak awal, dan bagaimana cara menggunakan uang itu untuk membeli berbagai jenis investasi.

Untuk memiliki keuangan yang stabil dan aset yang terus bertambah, pemainnya harus pandai mengelola apa yang sudah dimilikinya, baik itu ketika membelanjakan uang yang dimiliki, atau menjual aset yang sudah dimiliki.

Pemenang dalam permainan monopoli ditentukan dari jumlah uang dan jumlah aset yang dimiliki di akhir permainan.

Baca Juga: Ide Bisnis Kekinian yang Terinspirasi dari Game Pokemon GO

2. Mengelola berbagai jenis investasi

Dalam permainan monopoli, pemain diajak untuk bisa membeli aset investasi, serta mampu mengembangkan aset yang sudah dimilikinya, misalnya dengan mendirikan rumah dan hotel. Ada pula kesempatan pemain bisa membeli perusahaan listrik dan air.

Dari aset yang dimiliki ini, pemain bisa mendapatkan sewa, hingga menjualnya kembali ketika diinginkan, sehingga dari situlah akan diperoleh keuntungan. Pembelajaran yang bisa diambil yaitu bisa mengelola berbagai jenis investasi dalam sebuah permainan yang menyenangkan.

3. Melatih pengambilan keputusan

Bermain monopoli juga ternyata diharapkan dapat melatih mental dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Pemain harus bisa memutuskan kapan harus membeli properti tanah dan bangunan, menjual kota hingga mengambil alih kota dari lawan, sehingga mendapatkan aset yang semakin besar.

Jika pun dalam kondisi keuangan sulit, maka pemain monopoli harus berpikir untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil agar kembali mendapatkan keuangan yang stabil.

Baca Juga: 20 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016

4. Mempelajari strategi untuk tidak berutang

Bermain monopoli sama halnya dengan bermain strategi. Strategi diterapkan ketika menentukan uang yang dimiliki harus digunakan untuk apa saja.

Pengelolaan uang kas harus senantiasa diperhatikan agar tidak berutang ketika memasuki wilayah aset pemain lawan. Di kehidupan nyata, kita bisa mengambil pelajaran ini supaya tidak mudah berutang karena keliru dalam mengelola keuangan dan aset investasi.

5. Roda keberuntungan terus berputar

Dalam kehidupan nyata, keberuntungan akan senantiasa mengalami perputaran. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Yang bisa dilakukan adalah merencanakan sebaik-baiknya apa yang bisa dilakukan hari ini.

Di dunia nyata memang pengelolaan keuangan kita tidak ditentukan oleh kocokan dadu. Tapi dari keberuntungan permainan monopoli tersebut, kita bisa belajar bahwa ada kalanya situasi darurat bisa terjadi dalam hidup kita. Dari sini ada pelajaran bahwa kita perlu memiliki cadangan dana darurat untuk menghadapi situasi yang tidak terduga.

Baca Juga: Memiliki Rumah Sendiri dengan KPR, Mau?

6. Belajar mengambil resiko

Apa yang sudah diputuskan hendaknya harus bisa dipertanggungjawabkan. Risiko kegagalan akan selalu ada. Oleh karena itu, belajar menghadapi kegagalan dan menyelesaikannya adalah jalan terbaik ketimbang hanya sekedar menyesali dan mengeluh saja.

Dalam bermain monopoli, pemain diajak untuk berani mengambil resiko dalam membeli berbagai jenis investasi.

Mengajarkan sesuatu yang positif

Belajar akan lebih menyenangkan jika bisa dilakukan melalui permainan. Belajar akan juga menyenangkan jika dilakukan bersama-sama.

Mulai lah bermain monopoli di rumah bersama dengan anggota keluarga lain, sehingga pelajaran bisa didapatkan dalam situasi menyenangkan dan kebersamaan. Banyak pelajaran yang bisa dipetik melalui bermain monopoli, dan kemudian bisa dipraktikan dalam kehidupan nyata.

Belajar mengelola aset dan keuangan akan membuat kita menjadi orang yang bisa konsekuen dan bertanggung jawab dari apa yang telah diputuskan.

Baca Juga: 3 Game Unik Yang Mengajarkan Keuangan Untuk Anak
 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP