TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jual Surat Utang Syariah, Pemerintah Dapat Rp2,5 Triliun

Sukuk tabungan dinilai lebih terjangkau.
Jual Surat Utang Syariah, Pemerintah Dapat Rp2,5 Triliun
Sukuk ritel diluncurkan (Andika Wahyu)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan telah menetapkan hasil penjualan dan penjatahan produk investasi Sukuk tabungan seri ST-001 sebesar Rp2,58 triliun. Sukuk tabungan merupakan varian produk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari sukuk ritel yang khusus ditujukkan bagi investor individu warga negara Indonesia.

Sebagai informasi, sukuk ST dapat lebih terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia karena minimum pembelian lebih rendah yaitu Rp2 juta berbeda dengan sukuk ritel yang ditetapkan minimal pemesanannya sebesar Rp5 juta. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Robert Pakpahan, mengatakan penjualan yang dihasilkan sebesar Rp2,58 triliun jauh di atas target indikatif sebesar Rp2 triliun. "Pemerintah secara umum senang dengan hasilnya. Tahun depan kita harapkan lebih efisien," kata Robert di kantor Kementerian Keuangan, Senin 5 September 2016. 

Dia mengatakan bahwa dalam penerbitan perdana ST-001 dibuka masa penawaran dari tanggal 22 Agustus sampai dengan 2 September 2016. ST-)001 berhasil menjangkau 11.338 investor individu di 32 provinsi Indonesia. 

Ia menjelaskan, jumlah investor terbanyak berada pada kisaran Rp2 juta sampai dengan Rp50 juta yaitu sekitar 47 persen. Sementara, jumlah investor yang melakukan pembelian antara Rp52 juta sampai dengan Rp100 adalah 18 persen, lalu, Rp102 juta sampi dengan Rp500 juta adalah 27 persen, dan di atas Rp500 juta adalah 8 persen. 

"Hal ini menandakan bahwa Sukuk Tabungan mampu menjangkau investor individu kecil sehingga memiliki kualitas keritelan dengan baik," kata dia. 

Sebagai informasi, tingkat imbalan Sukuk tabungan seri ST adalah 6,9 persen (fixed rate) dan dibayarkan setiap tanggal tujuh setiap bulannya dengan tenor dua tahun, dan tidak bisa diperdagangkan. 

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP