TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Akhir September Pemerintah Tambah Utang Rp20 Triliun

Pemerintah akan terbitkan ORI seri 013 sejak 29 september 2016.
Akhir September Pemerintah Tambah Utang Rp20 Triliun
Proses penghitungan uang rupiah. Pemerintah akan menerbitkan ORI akhir September sebesar Rp20 triliun. (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan akan menerbitkan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) Seri 013 pada masa penawaran mulai 29 September sampai dengan 20 Oktober 2016. Adapun dana yang ditargetkan terkumpul mencapai Rp20 triliun.

"Dari ORI yang akan diluncurkan ini ditargetkan sebesar Rp20 triliun," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan di kantornya, Senin 5 September 2016.

Dalam penjualan obligasi atau surat utang tersebut, pemerintah pun membidik para investor dari kalangan masyarakat seperti pegawai swasta dan profesional, wiraswasta, pegawai dari otoritas/BUMN/BUMD, Ibu rumah tangga, PNS, TNI dan Polri, pensiunan hingga pelajar. 

"Supaya enggak terfokus pada satu kelompok. Edukasi sambil kontribusi. Kami bersaing dengan deposito supaya attractive. Ke depan kami akan pragmatis," kata dia. 

Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi berbagai produk Surat Berharga Negara (SBN).  "Dan kami tidak akan tinggalkan ritel. Apakah tetap empat (produk). Ini juga sebagai evaluasi," jelasnya.

Menurut dia, ORI merupakan salah satu instrumen investasi yang tepat dan dapat digunakan masyarakat sebagai tempat investasi yang dapat diandalkan. "Ini instrumen bonds yang bisa dibeli masyarakat. Biar mereka bisa bermain di pasar sekunder," kata dia. 

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah juga telah meluncurkan ORI Seri 012 dengan masa penawaran pada 21 september 2015 hingga 15 oktober 2016. Surat utang minim risiko ini ditawarkan dengan kupon atau bunga sebesar 9 persen.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP