Pelindo III Bangun Pelabuhan Khusus Kapal Pesiar

Kapal pesiar asal Belanda, Holland America Line
Sumber :
  • Danar Dono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Semakin meningkatnya aktivitas pelayaran kapal pesiar, membuat PT Pelindo III  berencana membangun pelabuhan baru di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan nama Gili Mas New Port.

Fokkel dan LBH Nasional Minta DPRD Lampung Kejar Tim Audit Pelindo II

Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, saat ini jumlah kapal pesiar yang datang ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Sebagian besar di antaranya berasal dari Australia.

“Misalnya, untuk tahun ini saja sudah ada 13 kapal pesiar yang pernah sandar di Pelabuhan Lembar, yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan baru yang akan kita bangun itu,” kata Edi, di Surabaya, Senin 5 September 2016.

RJ Lino Didakwa Rugikan Negara Sebesar US$1,99 Juta

Ia memperkirakan tahun depan jumlah itu akan terus meningkat, hingga bisa disebut membludak. Oleh karena itu, Edi menganggap Pelabuhan Gilimas New Port memiliki peranan yang strategis.

Sebab, selama ini apabila ada kapal pesiar yang bersandar ke Lombok, maka para penumpangnya harus diangkut terlebih dahulu dengan sekoci untuk bisa mencapai daratan.

Pelindo II Bersih-bersih Pungli Pelabuhan, 12 Pelaku di PHK

“Karena memang kebutuhannya untuk tahun depan itu sudah sangat besar. Makanya, kita segera mengantisipasinya,”ujar Edi. Menurut dia, pelabuhan itu diperkirakan sudah mulai bisa dipergunakan pada tahun 2018 mendatang.

“Karena nanti kita bangunnya mulai tahun ini. Fasilitasnya pun banyak, karena selain ada fasilitas untuk penumpang, nantinya juga akan ada fasilitas untuk terminal peti kemas,” tutur Edi.
 

Ilustrasi kejaksaan.

Jaksa Hentikan Kasus Pelindo II

Kejaksaan Agung telah menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Pelindo II.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021