TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pelindo III Bangun Pelabuhan Khusus Kapal Pesiar

Pelabuhan berada di Lombok dan sudah bisa digunakan pada 2018.
Pelindo III Bangun Pelabuhan Khusus Kapal Pesiar
Kapal pesiar asal Belanda, Holland America Line  (Danar Dono/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Semakin meningkatnya aktivitas pelayaran kapal pesiar, membuat PT Pelindo III  berencana membangun pelabuhan baru di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan nama Gili Mas New Port.

Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, saat ini jumlah kapal pesiar yang datang ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Sebagian besar di antaranya berasal dari Australia.

“Misalnya, untuk tahun ini saja sudah ada 13 kapal pesiar yang pernah sandar di Pelabuhan Lembar, yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan baru yang akan kita bangun itu,” kata Edi, di Surabaya, Senin 5 September 2016.

Ia memperkirakan tahun depan jumlah itu akan terus meningkat, hingga bisa disebut membludak. Oleh karena itu, Edi menganggap Pelabuhan Gilimas New Port memiliki peranan yang strategis.

Sebab, selama ini apabila ada kapal pesiar yang bersandar ke Lombok, maka para penumpangnya harus diangkut terlebih dahulu dengan sekoci untuk bisa mencapai daratan.

“Karena memang kebutuhannya untuk tahun depan itu sudah sangat besar. Makanya, kita segera mengantisipasinya,”ujar Edi. Menurut dia, pelabuhan itu diperkirakan sudah mulai bisa dipergunakan pada tahun 2018 mendatang.

“Karena nanti kita bangunnya mulai tahun ini. Fasilitasnya pun banyak, karena selain ada fasilitas untuk penumpang, nantinya juga akan ada fasilitas untuk terminal peti kemas,” tutur Edi.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP