TUTUP
TUTUP
BISNIS

Ini Alasan Pemerintah Tak Menaikkan Gaji PNS Tahun Depan

Pemberian THR, beban pensiun ke depan bisa lebih hemat.
Ini Alasan Pemerintah Tak Menaikkan Gaji PNS Tahun Depan
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Depok (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id –  Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan tidak akan memberikan kenaikan gaji bagi para pegawai negeri sipil tahun depan. 

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani mengatakan, ditiadakannya kenaikan gaji para aparatur negara dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai risiko. Salah satunya, yakni risiko adanya kekurangan dana Tunjangan Hari Tua.

"Ini timbul kekurangan dana pensiun (unfunded) di Taspen. Dan itu jumlahnya signifikan," ujar Askolani saat berbincang dengan VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Meskipun tahun depan tidak ada kenaikan gaji bagi para abdi negara, Askolani memastikan, Tunjangan Hari Raya tetap akan diberikan pemerintah pada 2017 mendatang. Menurutnya, pemberian THR jauh lebih realistis dibandingkan kenaikan gaji PNS.

"Pemberian THR, beban pensiun ke depan bisa lebih hemat. Sebab kami kan tidak cuma mempertimbangkan jangka pendek," katanya.

Maka dari itu, lanjut Askolani, keputusan pemerintah meniadakan kenaikan gaji dan lebih memilih untuk memberikan THR pada tahun depan telah memperhitungkan berbagai risiko. Ke depan, kedua hal tersebut akan kembali dikaji.

"Di sini bisa dikombinasikan kebijakan antara THR dan gaji pokok ke depan. Jadi nggak mesti kenaikan gaji pokok, atau THR terus. Bisa dikaji."

(mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP