Pertumbuhan Kredit Loyo, OJK Evaluasi RBB Perbankan

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan nasional tahun ini hanya mampu tumbuh satu digit, atau di kisaran 7-9 persen. Proyeksi tersebut, jauh lebih rendah dari yang sebelumnya diperkirakan di rentang 11-12 persen.

BI Klaim Fundamental Ekonomi Nasional Terjaga Meski Situasi Global Tak Menentu

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad dalam sebuah diskusi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 6 September 2016, mengaku masih mengkaji Rencana Bisnis Bank (RBB) seluruh perbankan nasional.

"Saya sudah bilang, kemarin saya tunggu akhir September. Saya sedang evaluasi implementasi RBB dari masing-masing bank," tegas Muliaman.

Pertumbuhan Kredit Perbankan Turun, Gubernur BI: Ada yang Harus Kami Cek

Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia itu mengakui, pertumbuhan kredit secara year to date sampai saat ini memang masih relatif rendah. Namun, di sisi lain, Muliaman mengaku ada beberapa bank yang masih memiliki optimisme tinggi.

"Kalau RBB jalan, rencananya kan sekitar 11 persen. Kalau tidak jalan, harus dievaluasi," katanya.

Ekonomi RI Terus Pulih, BRI Pede Kinerja 2023 Capai Target

Sebelumnya, otoritas moneter menyatakan bahwa pertumbuhan kredit perbankan hingga saat ini tumbuh di bawah tiga persen. Meski begitu, BI mengaku tetap optimistis angka tersebut bisa beranjak naik dari posisi saat ini.

Demi menggenjot pertumbuhan kredit, bank sentral pun telah melonggarkan kebijakan uang muka kredit kepemilikan rumah dan kredit kendaraan bermotor. Ini demi meningkatkan konsumsi masyarakat, sebagai daya dorong mendongkrak pertumbuhan kredit. (asp)

Gedung Bank Mandiri

Tembus Rp 39,1 Triliun, Laba Bersih Bank Mandiri Kuartal III-2023 Melesat 27,4%

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat, hingga kuartal III-2023 berhasil membukukan laba bersih secara konsolidasi mencapai Rp 39,1 triliun.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023