Kopi Indonesia Digemari di Rusia

ilustrasi kopi
Sumber :
  • wikimedia

VIVA.co.id – Indonesia di kenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Dengan beragam rasa dan jenis, kopi Indonesia ternyata sudah banyak dikonsumsi oleh negara-negara maju. 

Ketika Kopi Nusantara Jadi Primadona di Istanbul

Salah satu negara yang menggemari kopi Indonesia adalah Negeri Beruang Merah atau Rusia. Negara ini ternyata menyukai beberapa jenis kopi Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow dalam keterangan tertulisnya pada 6 September 2016.

Sebagai contoh Indonesian House pertama yang dikelola oleh Konsul Kehormatan RI untuk Vladivostok, Maria Maksudinova, lebih mengkhususkan diri pada produk kopi, menunjukkan setumpuk karung seberat 1,5 ton kopi yang siap edar.

Kafe Khusus Aneka Kopi Indonesia Akhirnya Dibuka di Jerman

Maria mengatakan bahwa kopi asal berbagai daerah khususnya Toraja, Jawa dan Sumatera sangat digemari di Rusia. Maria menyetujui usul Dubes untuk juga mengimpor teh dari Indonesia mengingat produk teh Indonesia juga sudah cukup dikenal di wilayah Rusia bagian barat. 

Selain kopi, ternyata makanan Indonesia juga digemari di Rusia dalam sebuah festival yang digelar selama dua hari. Makanan tersebut adalah "Nasi Goreng dan Sate," jawab Dubes RI untuk Rusia. 

Tiga Cangkir Kopi Sehari Bisa Turunkan Berat Badan
Kakao dan Kopi Indonesia.

Kopi Indonesia Rambah Pasar Balkan Eropa

Kopi Indonesia merambah pasar di kawasan Balkan Eropa. Perjanjian ekspor itu bernilai US$1,05 juta (sekitar Rp15 miliar) per tahun.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021