Pelan-pelan Premium Hilang dari Indonesia

BBM Pertalite di SPBU Abdul Muis Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina (Persero) mengakui ada pengurangan nozzle untuk bahan bakar minyak jenis premium, atau Ron 88 di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Namun, bukan berarti Badan Usaha Milik Negara ini berencana menghilangkan premium dari Indonesia.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, menegaskan pengurangan nozzle ini merupakan langkah bisnis, dan bukan untuk menghapuskan premium. Pengurangan ini pun hanya dilakukan di kota besar yang tingkat permintaan sudah berkurang, atau beralih mengkonsumsi BBM jenis pertalite dan pertamax.

"Kalau bisnis kan begini, apakah semua SPBU mau jual (premium), ya sudah enggak ada yang mau (beli), kalau pakai pertalite kan efisiensinya sampai 10 persen," kata Ahmad Bambang ditemui di komisi VII DPR RI, Selasa, 6 September 2016. 

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

Ahmad mengatakan bahwa pengurangan BBM jenis premium dilakukan dengan melihat permintaan dari masyarakat di suatu daerah. "Kalau SPBU suruh paksa pertamax turbo, juga enggak ada yang mau, enggak banyak. Ya paling kota-kota besar saja. Karena kembali ke konsumsi," ungkapnya. 

Dia menjelaskan konsumsi premium di daerah perkotaan sudah mulai berkurang. Berdasarkan data secara nasional, konsumsi BBM jenis premium di masyarakat sudah berkurang menjadi di bawah 60 persen. Sedangkan di pulau Jawa, masyarakat yang mengkonsumsi ini di bawah 50 persen. 

Diuji di Dunia Nyata, Mobil Listrik Neta V Hematnya Luar Biasa

Dia menguraikan konsumsi premium dulunya sempat mencapai 86 ribu hingga 90 ribu kiloliter per hari secara nasional. Tapi sekarang menurun hingga mencapai 50 ribu Kl per hari. Di sisi lain, BBM jenis pertalite mencapai 20 ribu Kl per hari, dan pertamax 15 sampai 16 ribu per hari. 

"Jadi daerah perkotaan kan sudah banyak yang mau pakai BBM bagus, premiumnya dikurangi, lama-lama hilang," ujar dia.

Aktivitas pengisian BBM di SPBU, Kota Medan.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatat konsumsi BBM di masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami peningkatan hingga 42 persen.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024