TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Apakah Asuransi Perjalanan Sudah Mencakup Virus Zika?

Asuransi perjalanan penting bagi yang suka traveling.
Apakah Asuransi Perjalanan Sudah Mencakup Virus Zika?
Singapura Darurat Virus Zika. (REUTERS/Edgar Su)

VIVA.co.id – Industri pariwisata Singapura tengah terpukul dengan merebaknya virus Zika. Saat ini setidaknya 40 orang warga negeri singa terkena virus yang berbahaya tersebut. 

Virus Zika sendiri disebarkan melalui gigitan nyamuk. Virus satu ini paling berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan cacat bagi anak yang dikandungnya. 

Tidak heran jika banyak orang yang kini takut berpergian ke Singapura. Mereka yang melindungi rencana perjalanannya dengan asuransi pun berniat membatalkan perjalanan. 

Namun, apakah asuransi perjalanan yang Anda punya mencakup risiko yang ditimbulkan Virus Zika?

1. Apa fungsi asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang melindungi orang dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan seperti kecelakaan, sakit bahkan ketidaknyamanan perjalanan. 

Dicontohkan, bila Anda mengalami kecelakaan saat berada dalam perjalanan sehingga mengakibatkan kehilangan anggota tubuh, lumpuh bahkan kematian, perusahaan asuransi akan memberikan santunan sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Baca juga: 10 Resort Mewah Termahal di Indonesia

Contoh lainnya, bila pesawat Anda ditunda, mengalami keterlambatan hingga kehilangan bagasi, asuransi akan mengganti semua biaya kehilangan termasuk pengurusan dokumen penting yang ikut hilang.

2. Pengguna asuransi dapat membatalkan keberangkatan

Keuntungan lain asuransi perjalanan adalah penggunanya dapat membatalkan tiket pesawat. Perusahaan asuransi pun akan melindungi pengguna dan mengganti uang tiket yang hangus. 

Namun ada syaratnya, yakni Anda harus benar-benar mengalami kerugian sebelum berangkat. Misalnya, Anda berencana berlibur ke sebuah daerah pantai. Tapi, dua hari sebelum keberangkatan ada badai topan yang membuat kawasan yang hendak dituju porak poranda. 

Pada keesokan harinya cuaca cerah dan pesawat dapat diberangkatkan ke lokasi tujuan Anda. Nah, selaku pemilik asuransi perjalanan Anda dapat membatalkan perjalanan tersebut beserta seluruh biaya reservasi hotel dan mendapat penggantian uang.

3. Apakah asuransi mencakup virus Zika?

Asuransi perjalanan memang memberikan perlindungan atas setiap risiko yang mungkin saja terjadi. Namun, tidak semua asuransi perjalanan memberikan perlindungan atas virus Zika. Polis asuransi perjalanan yang standar tidak mengcover pembatalan perjalanan karena ancaman penyakit seperti Zika.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bisa Bikin Mata Kamu Minus

Namun, ada juga asuransi perjalanan yang memungkinkan penggunanya melakukan pembatalan perjalanan karena semua alasan beberapa hari sebelum hari keberangkatan. 

Untuk mendapatkan perlindungan ekstra, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Untuk itu, selalu pertimbangkan tambahan perlindungan saat berencana membeli asuransi perjalanan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP