TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Liburan Tanpa Keluarkan Uang, Ini Caranya

Liburan penting untuk hilangkan stres, apalagi tidak keluar uang.
Liburan Tanpa Keluarkan Uang, Ini Caranya
Ilustrasi liburan saat masih muda. (U-Report)

VIVA.co.id – Liburan itu penting. Selain dapat menghilangkan stres, ada banyak manfaat lain dari berlibur seperti meningkatkan produktivitas dan mendapatkan pengalaman, serta pengetahuan baru. 

Namun, menyisihkan dana untuk berlibur seringkali tidak mudah. Apalagi, di tengah kebutuhan hidup yang semakin bertambah banyak. Padahal, berlibur tidak selalu membutuhkan uang. 

Bila Anda kreatif, Anda bisa berlibur dengan biaya murah, bahkan gratis. Berikut ini, lima trik kreatif yang bisa bikin semua orang liburan gratis ke mana pun:

1. Tiket gratis dari kartu kredit

Anda pengguna kartu kredit? Sudah cek belum berapa reward poin yang berhasil dikumpulkan? Bila poin yang Anda kumpulkan sudah cukup, Anda bisa loh menukarkannya dengan tiket pesawat gratis. 

Bahkan, bila poin yang terkumpul cukup banyak, bisa ditukarkan dengan tiket pesawat ke luar negeri. Bila Anda belum punya kartu kredit, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai memilikinya.

Pilih kartu kredit yang memberikan banyak poin dalam setiap pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Untuk membantu mendapatkan kartu kredit yang tepat, gunakan jasa portal perbandingan produk keuangan. 

Baca juga: Tips Negosiasi Saat Interview Kerja Agar Dapat Gaji Tinggi

2. Butuh penginapan? Kenapa tidak saling tukar tempat tinggal

Bila Anda tinggal di kawasan yang strategis, atau dekat dengan kawasan wisata itu adalah modal yang bagus. Sebab, Anda bisa mendapat penginapan gratis di kota tujuan dengan cara bertukar rumah. 

Ada banyak situs pertukaran rumah untuk sementara seperti homeexchange.com. Alternatif lainnya, Anda bisa menyewakan rumah selama Anda pergi berlibur. Pasang iklan gratis di berbagai situs penyewaan kamar dan rumah. 

Uang sewa yang diperoleh bisa digunakan untuk membiayai ongkos sewa di daerah tujuan berlibur.

3. Jadi volunteer

Jika Anda punya waktu cukup panjang, alternatif berikut ini dapat membawa Anda pergi ke luar negeri tanpa biaya akomodasi. Jadi volunteer (sukarelawan), memang mengharuskan Anda bekerja.

Namun, yakinlah pekerjaan yang dilakukan tidak akan membuat Anda jenuh. Sebab, lokasi yang dituju biasanya terpencil dan jauh dari keramaian. Biasanya, beberapa organisasi kemanusiaan membuka lowongan volunteer untuk membantu berbagai proyek kemanusiaan di berbagai daerah. 

Bila Anda punya keahlian di bidang kesehatan atau pendidikan, Anda bisa menjadi guru, atau tenaga medis sambil berlibur. 

Baca juga: Masih Usia 20-an? Ini Tipsnya Agar Karier Kamu Melejit

4. Jadi blogger

Ada banyak blogger yang rutin mendapatkan undangan untuk me-review hotel, oprator travel hingga pesawat terbang. Sebagai imbalannya, mereka akan berlibur secara gratis tanpa dipungut biaya sekalipun. 

Bila Anda tertarik, kenapa tidak memulai menjadi blogger sejak sekarang. Memulai menjadi blogger tidak sulit kok. Coba saja review pengalaman wisata, atau kuliner yang Anda punya. 

Lihat lagi koleksi foto-foto Anda di memori kamera, atau catatan harian yang dimiliki. Siapa tahu tulisan Anda mendapatkan perhatian banyak orang. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP