TUTUP
TUTUP
BISNIS

BI Beri Sinyal Kebijakan Moneter Diperlonggar

Sejumlah indikator perekonomian domestik mulai bergairah.
BI Beri Sinyal Kebijakan Moneter Diperlonggar
Gubernur BI Agus Martowardojo ketika memberikan keterangan pers (ANTARA/ Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memberikan sinyal akan kembali melonggarkan kebijakan moneternya dengan tetap mencermati perkembangan eksternal maupun internal dalam dua bulan ke depan.

"BI sampaikan, ada kemungkinan pelonggaran moneter," ujar Agus saat ditemui di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Agus mengatakan, secara umum sejumlah indikator perekonomian domestik mulai bergairah. Misalnya, laju inflasi yang terjaga di kisaran 2,79 persen, neraca perdagangan yang masih mengalami surplus, sampai dengan cadangan devisa yang meningkat.

Meski begitu, dari sisi eksternal pun harus tetap dicermati. Seperti perkembangan ekonomi Tiongkok, dan data perekonomian Amerika Serikat. Selain itu, risiko konflik geo politik, serta terorisme pun juga tetap harus diwaspadai.

Namun, apabila data-data perekonomian Indonesia dan global pada dua bulan ke depan menunjukkan sinyal positif, mantan Menteri Keuangan itu menegaskan, ruang pelonggaran kebijakan moneter pun akan tetap terbuka.

"Secara umum kondisi likuiditas saat ini dalam kondisi yang cukup longgar. Kalau seandainya data September atau Oktober data mendukung, mungkin kami akan ambil posisi moneter yang lebih longgar," katanya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP