TUTUP
TUTUP
BISNIS

Citilink, Maskapai Pertama RI Gunakan Airbus Seri A320neo 

Untuk melakukan ekspansi bisnis ke Timur Indonesia dan regional.  
Citilink, Maskapai Pertama RI Gunakan Airbus Seri A320neo 
Maskapai Citilink Indonesia. (ANTARA/Zabur Karuru)

VIVA.co.id –  Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia akan menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat keluaran terbaru Airbus, yaitu seri A320neo. 

Penggunaan pesawat ini sebagai salah satu upaya Citilink untuk melakukan ekspansi bisnis ke Timur Indonesia dan regional.  

“Armada pesawat Airbus A320neo kami, akan tiba mulai Januari 2017 mendatang. Dengan
ditambahkannya Airbus A320neo ke dalam jajaran armada pesawat Citilink, Citilink akan
menjadi maskapai pertama di Indonesia yang memiliki pesawat seri ini,” kata Presiden & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan di Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Menurut dia, Airbus A320neo dipilih, karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan
ekspansi Citilink ke wilayah Timur Indonesia.

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, A320neo yang diperuntukkan untuk penerbangan jarak dekat – menengah memiliki keunggulan di mesinnya yang lebih modern dan hemat bahan bakar. Penghematan bahan bakar ini bisa mencapai 20 persen dan menghemat biaya hingga delapan persen.

“Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320neo memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya, membuatnya cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota hub penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera,” kata Albert dalam keterangan tertulisnya.

Selain untuk ekspansi bisnis ke Timur Indonesia, pesawat Airbus A320neo Citilink juga akan digunakan untuk penerbangan charter ke China sehingga dapat mengurangi transit dan menghemat waktu perjalanan.

Pesawat Airbus A320neo merupakan salah satu tipe pesawat favorit untuk penerbangan jarak dekat – menengah. Airbus A320neo kerap menjadi pilihan atau referensi utama bagi maskapai-maskapai penerbangan berbiaya murah di seluruh dunia. Tercatat, lebih dari 80 maskapai masuk dalam daftar pemesan pesawat Airbus narrow body keluaran terbaru ini.

Citilink Indonesia akan mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320neo hingga tahun
2018. Citilink saat ini, memiliki 39 armada pesawat yang seluruhnya merupakan Airbus A320. Untuk mengakomodasi permintaan dan kebutuhan penerbangan, ke depannya, Citilink berencana untuk terus menambah armada Airbus A320neo yang akan dilakukan secara bertahap. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP