TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mengenal Lebih Dekat E-Money

E-money ini sudah mulai ada di Indonesia, dari beberapa tahun terakhir
Mengenal Lebih Dekat E-Money
Ilustrasi/E-Money (antaranews.com)

VIVA.co.id – Di zaman yang sudah modern ini, banyak sekali hal-hal yang sudah berubah dari bentuk fisik, menjadi bentuk elektronik. Salah satunya adalah uang elektronik, atau e-money.

E-money ini sudah mulai ada di Indonesia, dari beberapa tahun terakhir. Cara kerjanya hampir sama dengan penggunaan uang biasa, namun menggunakan satu buah kartu saja.

Anda bisa mengisi kartu tersebut dengan sejumlah uang, seperti halnya Anda mengisi pulsa. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai di dompet Anda, tetapi hanya membawa satu kartu saja.

Di Jakarta, penggunaan e-money sudah semakin dioptimalkan. Sekarang banyak tempat-tempat belanja yang memungkinkan sistem pembayaran menggunakan e-money.

Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal kelebihan dan kekurangan dari e-money tersebut.

Baca Juga: Dapatkan Uang Tunai Secara Instan Lewat Pegadaian

Kelebihan e-money

Salah satu manfaat yang terasa dari adanya e-money ini adalah masalah kepraktisannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan adanya e-money ini, Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai terlalu banyak di dompet Anda.

Anda hanya perlu membawa e-money yang sudah Anda isi sebelumnya. Kepraktisan lainnya adalah di saat bayar-membayar. Salah satu contohnya adalah ketika Anda harus membayar uang tol.

Dengan Adanya e-money, tentu saja pembayaran akan dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dan mencegah kemacetan kala membayar tol. Bandingkan dengan menggunakan uang tunai, yang membuat transaksi pembayaran menciptakan antrean semakin panjang.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Baru yang Belum Banyak Diketahui

Selain itu, dengan menggunakan e-money tersebut, Anda bisa melimit pengeluaran Anda dan mengontrolnya sesuai dengan jumlah uang yang Anda tentukan. Membawa uang tunai terlalu banyak bisa saja membuat Anda ingin berbelanja seenaknya, apalagi ketika adanya promo dan juga diskon di toko favorit Anda.

Belanja dengan menggunakan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) pun ternyata masih belum bisa dioptimalkan, terlebih lagi dalam mengontrol pengeluaran Anda. Berbeda dengan e-money. Anda bisa mengisi uang dalam e-money Anda dengan jumlah yang Anda tentukan.

Misalnya Anda mengisi e-money Anda sebesar Rp500 ribu. Dengan begitu, tentu saja pengeluaran Anda akan terbatasi hanya sampai Rp500 ribu saja, tidak akan lebih.

E-money pun kini sudah mulai banyak diberlakukan di beberapa toko. Hal ini membuat penggunaan uang e-money bisa lebih optimal.

Pom bensin, bus, dan juga tol di Jakarta sudah mulai diberlakukan pembayaran dengan menggunakan e-money. Selain itu, kini penggunaan e-money pun sudah mulai dikembangkan di beberapa daerah lainnya. Dengan begitu, proses pembayaran bisa dilakukan dengan waktu yang lebih cepat, dan juga lebih praktis tentunya.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Edukasi Anak di Jabodetabek

Kekurangan e-money

Salah satu kekurangan e-money yang kini menjadi masalah dari para penggunanya adalah susahnya untuk mengecek saldo dari kartu e-money Anda. Tidak seperti uang tunai, Anda bisa mengecek langsung berapa sisa uang Anda.

Dalam penggunaan e-money, Anda bisa mengecek saldo yang Anda miliki hanya dengan menggunakan mesin khusus saja. Pengecekannya hampir sama dengan sistem yang dimiliki oleh kartu ATM.

Dengan adanya masalah ini, terkadang masalah kepraktisan dalam pembayaran bisa tidak terjadi, karena saldo yang harus Anda bayarkan ternyata tidak memenuhi jumlah harga yang harus Anda bayar.

Walaupun penggunaan sistem pembayaran dengan menggunakan e-money ini sedang dalam proses pengembangan, faktanya sampai saat ini masih saja terbatas tempat yang bisa dibayar dengan menggunakan e-money.

Terlebih lagi, untuk Anda yang tidak tinggal di kota-kota besar, penggunaan dari e-Money ini memang belum terlalu optimal. Masih banyak toko atau tempat-tempat lainnya yang belum menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan e-money.

Kekurangan lainnya terasa apabila kartu e-money yang Anda miliki tersebut hilang. Berbeda dengan ATM, apabila kartu Anda hilang, Anda bisa memblokir langsung kartu Anda dan uang Anda akan tersimpan dengan aman.

Namun, apabila e-money Anda hilang, otomatis uang yang berada di saldo e-money Anda pun ikut hilang. Tidak ada sistem pemblokiran pada e-money membuat Anda harus lebih hati-hati dalam menjaga kartu e-money Anda.

Baca Juga: Liburan Sendiri vs Grup, Mana yang Lebih Baik?
 

(asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP