TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Survei BI: Minggu Pertama September Inflasi 0,17 Persen

Harga komoditi pangan mulai naik.
Survei BI: Minggu Pertama September Inflasi 0,17 Persen
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. (Istimewa)

VIVA.co.id – Bank Indonesia (BI) melaporkkan bahwa Inflasi pada pekan pertama September, terpantau sebesar 0,17 persen. Angka ini, merupakan hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan oleh BI secara rutin. 

"Inflasi di minggu pertama itu sudah kelihatan 0,17 persen untuk September itu," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di Kompleks BI, Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Agus menjelaskan, yang menjadi sumber inflasi adalah akibat dari lonjakan harga bahan pangan. Di antaranya, sumber inflasi berasal dari komoditi seperti bawang dan cabai. Lalu, yang menyumbang deflasi adalah komoditi mulai dari daging ayam dan telur ayam. 

Secara tahunan, atau year on year (yoy), lanjut Agus, Inflasi mencapai 3,02 persen. Sementara itu, Inflasi sampai dengan Agustus, tercatat secara year to date (ytd) mencapai 1,74 persen dan tahunan 2,79 persen (yoy).

Agus mengklaim, tingkat keakurasian survei yang dilakukan oleh BI selama ini terlihat baik dan sejalan dengan survei Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Saya sendiri cukup senang dengan BI, karena dalam beberapa bulan ini, terus terjaga. Artinya, akurasinya kuat. Secara global, kita lihat kondisi (inflasi) minggu ini lebih kuat dan stabil dibandingkan minggu sebelumnya," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP