BI: Dana Asing ke Indonesia Capai Rp153 Triliun

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo mengatakan, dana asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) hingga pekan pertama September 2016 mencapai Rp153 triliun.

Rusia Umumkan Hari Tenang, Rupiah Kembali Menguat

Angka ini naik signifikan dibanding tahun lalu dengan periode yang sama di mana hanya mencapai Rp41 triliun.

"Minggu pertama September 2016 dana yang masuk ke Indonesia mencapai Rp153 triliun. Padahal tahun lalu untuk periode yang sama kira-kira hanya Rp 41 triliun," kata Agus Marto, di Kompleks BI, Jakarta, Jumat, 9 September 2016.

Invasi Rusia Masih Terus Berlanjut, Rupiah Dibayangi Pelemahan

Dengan banjirnya dana asing masuk ke RI, menurut Agus Marto, turut berkontribusi dalam penguatan nilai tukar rupiah. Pada pekan pertama September saja, rupiah menguat 1,4 persen dibanding minggu sebelumnya.

Panguatan rupiah yang saat ini yang mencapai Rp13.070 per dolar AS dinilai Agus Marto tidak terlepas juga dari faktor perekonomian global yang pada minggu pertama September ini lebih baik dan stabil dibanding sebelumnya.

Dibayangi Sentimen Negatif, Rupiah Melemah

"Kita juga melihat kondisi perkembangan harga minyak terkait Rusia dan Iran yang sepakat dengan OPEC dalam stabilisasi harga minyak dan akhirnya memang (harga minyak) meningkat," ujarnya menambahkan.

(mus)

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Ukraina Tak Lagi Ngotot Masuk NATO, Rupiah Hari Ini Menguat

Rupiah menguat sebesar 0,35 persen ke posisi Rp14.295 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.341 per dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022