TUTUP
TUTUP
BISNIS

BI: Dana Asing ke Indonesia Capai Rp153 Triliun

Banjir dana asing turut mendongkrak rupiah.
BI: Dana Asing ke Indonesia Capai Rp153 Triliun
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. (Chandra G Asmara / VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo mengatakan, dana asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) hingga pekan pertama September 2016 mencapai Rp153 triliun.

Angka ini naik signifikan dibanding tahun lalu dengan periode yang sama di mana hanya mencapai Rp41 triliun.

"Minggu pertama September 2016 dana yang masuk ke Indonesia mencapai Rp153 triliun. Padahal tahun lalu untuk periode yang sama kira-kira hanya Rp 41 triliun," kata Agus Marto, di Kompleks BI, Jakarta, Jumat, 9 September 2016.

Dengan banjirnya dana asing masuk ke RI, menurut Agus Marto, turut berkontribusi dalam penguatan nilai tukar rupiah. Pada pekan pertama September saja, rupiah menguat 1,4 persen dibanding minggu sebelumnya.

Panguatan rupiah yang saat ini yang mencapai Rp13.070 per dolar AS dinilai Agus Marto tidak terlepas juga dari faktor perekonomian global yang pada minggu pertama September ini lebih baik dan stabil dibanding sebelumnya.

"Kita juga melihat kondisi perkembangan harga minyak terkait Rusia dan Iran yang sepakat dengan OPEC dalam stabilisasi harga minyak dan akhirnya memang (harga minyak) meningkat," ujarnya menambahkan.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP