TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tips dan Cara Merintis Usaha Kafe

Membuka kafe merupakan sebuah prospek yang bagus.
Tips dan Cara Merintis Usaha Kafe
Kafe Coffee With Me, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. (U-Report)

VIVA.co.id – Kafe bukan lagi hanya sekedar tempat ngopi, di sini orang akan bertemu dan bersosialisasi dengan komunitasnya. Inilah yang membuat kafe berbeda dari tempat lainnya.

Di sini semua orang bisa betah dan merasa santai menikmati waktu mereka di sana. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang yang sangat bagus bagi Anda, yang memiliki minat untuk berbisnis di bidang tersebut. Sebab, semakin hari akan semakin banyak saja orang yang senang menghabiskan waktu mereka di kafe dan Anda akan melihat hal tersebut sebagai sebuah prospek yang bagus, bukan?

Memulai bisnis kafe sangat membutuhkan persiapan yang matang, mengingat ada banyak sekali pebisnis lainnya yang bergerak di bidang ini. Anda akan dihadapkan pada persaingan yang cukup ketat, sebagaimana ketika mencoba peruntungan di bisnis kuliner lainnya.

Untuk membantu Anda, simak beberapa cara dan tips yang tepat di bawah ini, yang bisa Anda terapkan untuk memulai sebuah bisnis kafe yang sukses:

Lokasi yang tepat

Pilih sebuah lokasi yang strategis dan memiliki peluang pasar yang menjanjikan, sehingga Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan sangat yakin. Pemilihan lokasi akan sangat berpengaruh besar pada bisnis Anda, itulah mengapa sebagian besar pebisnis kuliner bahkan mengeluarkan sejumlah biaya yang besar untuk mendapatkan sebuah lokasi yang paling strategis bagi bisnis mereka.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Baru yang Belum Banyak Diketahui

Konsep yang unik

Kafe dengan konsep unik akan mudah dikenal dan mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Anda bisa menerapkan konsep tersebut pada sebagian atau keseluruhan kafe Anda, misalnya menyesuaikan warna dan bentuk meja kursi di sana dengan berbagai peralatan makan yang akan Anda gunakan. Selain unik, konsep Anda juga harus bisa membuat pengunjung nyaman dan terasa betah di sana, sehingga mereka akan datang kembali di lain waktu.

Peralatan yang memadai

Sebuah kafe harus memiliki sejumlah peralatan yang memadai, terutama dalam pengolahan berbagai makanan dan juga minuman di sana. Kafe selalu identik dengan kopi, karena itu sangat penting bagi anda untuk memiliki berbagai peralatan yang memadai dalam pengolahan kopi tersebut.

Tidak perlu mendatangkan berbagai mesin besar dan mahal, saat ini ada banyak mesin dan peralatan pengolahan kopi yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga: Mengenal Garansi Bank, Layanan Perlindungan Atas Kerugian Nasabah

Cita rasa yang menjual

Anda harus mempersiapkan atau melakukan berkali-kali percobaan untuk bisa menemukan racikan yang paling tepat dalam semua menu yang akan Anda jual nantinya. Orang akan sangat mengingat apa dan bagaimana rasa makanan yang mereka konsumsi.

Jangan sungkan untuk bereksperimen di dapur demi berbagai racikan makanan dan minuman yang sempurna, bahkan meski kafe telah berjalan dengan lancar, Anda tetap harus selalu melakukan eksperimen ini.

Pelayanan terbaik

Pastikan Anda mempekerjakan orang-orang yang ahli di bidangnya, yang memiliki etika yang baik dan mengerti dengan jelas apa saja tugas dan tanggung jawab mereka. Tim kerja ini akan sangat memengaruhi kesuksesan Anda di dalam bisnis.

Sangat penting bagi Anda untuk memiliki sebuah tim terbaik dan bisa diandalkan di dalam bisnis tersebut. Perlakukan tim Anda dengan baik, sehingga mereka juga akan memberikan yang terbaik di dalam bisnis yang Anda jalankan.

Branding

Pemilihan nama yang tepat akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam memperkenalkan bisnis kepada khalayak ramai. Ini juga akan membuat orang lebih mudah familiar pada kafe Anda.

Tidak perlu memilih sebuah nama yang tampak “luar biasa”. Terkadang sebuah nama yang sederhana, mudah diingat dan unik akan jauh lebih baik. Pikirkan dengan baik nama yang akan digunakan pada kafe tersebut, sebab ini juga akan menjadi daya jual tersendiri bagi Anda di dalam bisnis kafe, yang Anda jalankan nanti.

Baca Juga: Ciri-ciri Bisnis MLM yang Baik dan Sehat

Fasilitas pendukung

Saat mendatangi kafe, orang akan mengharapkan kenyamanan dan juga fasilitas lainnya yang membuat mereka betah berlama-lama di sana. Pertimbangkan untuk memiliki fasilitas free wifi, dan juga beberapa hal lainnya yang dianggap tepat. Anda juga bisa melengkapi kafe dengan sedikit koleksi buku-buku pada bagian sudut kafe. Lengkapi juga koleksi musik dengan berbagai genre yang tepat, yang bisa mendukung suasana di kafe.

Promosi yang tepat

Setelah semua poin di atas, maka langkah promosi yang tepat akan menjadi hal pamungkas yang patut di lakukan dalam mendatangkan angka penjualan. Pilih dan gunakan sarana promosi yang paling tepat dan bisa membuat merek kafe Anda menjadi lebih dikenal dan banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Baca Juga: Perjanjian Pra-Nikah, Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui?
 

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP