Besok, Jokowi Resmikan Terminal Peti Kemas Kalibaru

Terminal Peti Kemas Kalibaru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian Terminal Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok, besok, Selasa, 13 September 2016. 

Cara Perusahaan Logistik Maksimalkan Kinclongnya Transaksi E-Commerce

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, hari ini mengecek kesiapan Terminal Peti Kemas Kalibaru yang akan dioperasikan oleh PT New Priok Container Terminal One itu.

Budi mengatakan, dengan adanya pelabuhan baru ini diyakini akan dapat menjadikan Indonesia lebih bersaing dengan negara-negara lain.

Resmi Beroperasi, Dua Pusat Logistik Harapan Baru Ekonomi Nasional

"Insyaallah besok Presiden jam 08.30 WIB akan ke sini meresmikan Kalibaru ini. Operasinya sudah jalan, dan ini bagian dari menandai suatu spirit kita ingin menjadikan priok riil hub. Karena kita masih harus berkompetisi dengan negara tetangga," kata Budi di terminal peti kemas, Kalibaru, Jakarta Utara, Senin 12 September 2016.

Adanya pelabuhan ini, ini sesuai dengan visi Presiden untuk menjadikan konektivitas sebagai tujuan dari tol laut yang masuk dalam Nawacita.

Inovasi Jasa Logistik, Krowrier Ajak Commuter Raih Penghasilan Tambah

"Intinya bagaimana kapal-kapal barang yang mau menuju baik dari luar Jakarta seperti ke Sumatera, Kalimantan, dan daerah lain, itu bukan dari pelabuhan lain tapi dari Priok," katanya.

Budi juga menjelaskan bahwa selama ini, barang-barang dari luar negeri harus singgah terlebih dulu di pelabuhan yang melayani transhipment seperti di Singapura. Untuk itu, ke depannya, kata dia, barang-barang tersebut bisa langsung masuk ke Indonesia melalui terminal Kalibaru.

"Jadi begini, riil hub itu gini, misal barang mau ke Palembang mau ke Lampung, kalau sekarang bukan lewat Priok tapi lewat negara lain. Kalau sekarang transhipment di sini, jadi semua harus di sini (domestik dan internasional ke domestik)."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya