Banyak Investor Ambil Untung, IHSG Dibuka Melemah

Investor sedang mengamati papan IHSG di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,3 persen atau 15,81 poin ke level 5.266,11 pada perdagangan hari ini, Selasa, 13 September 2016.

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, berpendapat, IHSG saat ini sedang mencoba menemukan level target batas bawahnya (support) yang baru di level 5.215, serta akan menguji level batas atas (resistance) di level 5.320.

"Meski demikian kami berharap akan adanya rebound (balik arah). Namun, tetap mewaspadai adanya potensi pelemahan lanjutan. Cermati sentimen yang ada," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Reza menjelaskan, investor merespons negatif kebijakan European Central Bank (ECB) selaku Bank Sentral Eropa yang tidak mengumumkan perpanjangan stimulus yang akan berakhir Maret 2017 mendatang. Sebab, itu berpeluang menekan laju bursa Amerika Serikat, yang juga akan  mempengaruhi pergerakan bursa Asia, tak terkecuali IHSG

Sementara di sisi lain, berkaca pada penutupan pekan kemarin, pelemahan disebabkan adanya aksi profit taking (ambil untung) dan adanya libur di hari Senin membuat para pelaku pasar cenderung melakukan aksi jualnya pada perdagangan akhir pekan lalu.

IHSG Dibuka Menghijau, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

"Pada perdagangan hari ini, support 5.204-5.243, resistance 5.329-5.382," tuturnya.

Ilustrasi papan saham IHSG.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan karena saham-saham dari sektor pertambangan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2021