Empat Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Susah Beli Rumah

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah baru. Mulai dari mencari rumah subsidi yang dijual, mencari kredit dengan bunga ringan, mencari rumah tanpa uang muka dan sebagainya.

Ingin Punya Rumah Tapi Gaji Kecil, Begini Caranya

Meski beragam cara bisa ditempuh, tetap saja saat ini masih banyak orang yang kesulitan untuk membeli rumah. Alasan yang paling banyak menjadi penyebabnya adalah memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk tidak bisa menyisihkan uang untuk pembelian rumah.

Lalu, kesalahan apa saja yang bisa menyebabkan seseorang sulit untuk membeli sebuah rumah? Ini empat kebiasaan buruk yang harus dihindari berikut ini.

Strategi Beli Rumah Buat Milenial Bergaji 3 Jutaan

Gaya Hidup

Bayaran kerja yang Anda dapatkan di kota memang besar namun ini berbanding lurus dengan gaya hidup yang harus dijalani. Bila tak pandai mengatur keuangan, uang muka atau Down Payment (DP) rumah pun bakal sulit terkumpul.

Lakukan 6 Hal Ini Kalau Mau Cepat Punya Rumah

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran ialah dengan sarapan di rumah, membawa bekal untuk di kantor, dan makan malam di rumah. Kurangi kebiasaan nongkrong dengan teman agar uang yang ditujukan untuk membeli rumah dapat segera tercapai.

Penggila Gadget

Bagi penggila gadget mungkin tidak bisa menahan diri ketika ada keluaran terbaru. Kebiasaan ini pun tak jarang membuat kantong jebol karena seperti yang diketahui harga gadget yang ada saat ini tidaklah murah. Sebaiknya beli saja sesuai dengan kebutuhan. Dibanding untuk keperluan upgrade ke yang lebih baru, lebih baik uangnya ditabung untuk tambahan DP rumah.

Keseringan Berlibur

Liburan untuk melepas penat memang tidak salah bahkan sangat dianjurkan. Tapi jika Anda berniat untuk membeli rumah dalam waktu dekat lebih baik hobi yang satu itu ditunda lebih dulu. Uang untuk berlibur bisa dikumpulkan untuk membayar DP rumah yang cukup mahal.

Nikah Mewah

Lakukan pernikahan yang sederhana saja jika memang budget yang dimiliki tidak sepadan dibanding harus berutang pada orang lain. Tidak seru kan, sudah melakukan pesta pernikahan yang megah tapi tidak mampu beli rumah.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya