TUTUP
TUTUP
BISNIS

Manfaatkan Sapi Lokal, Kelangkaan Tak Terjadi Saat Idul Adha

Saat Idul Adha harga daging lebih terkendali ketimbang Idul Fitri.
Manfaatkan Sapi Lokal, Kelangkaan Tak Terjadi Saat Idul Adha
Sapi lokal untuk kurban  (VIVA.co.id / Januar Adi Sagita (Surabaya))

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan dalam perayaan hari raya Idul Adha atau Kurban kali ini, tak ada kelangkaan pasokan sapi. Peternak sapi lokal disebut sudah persiapkan sapi lokal jauh hari sebelum pelaksanaan Idul Adha. 

"Kita manfaatkan sapi lokal dan memang biasanya dalam hari raya Idul Adha ini masyarakat atau peternak sudah mempersiapkan sapi ini untuk kemudian mereka jual. Jadi mekanisme pasar untuk sapi kurban ini biarkan berjalan seperti ini. Karena itulah setiap tahun peternak sapi sudah mempersiapkan ternaknya dijual untuk kurban," kata Enggar di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa 13 September 2016. 

Dalam perayaan Idul Adha di Kementerian Perdagangan, juga dilakukan pemotongan sapi yang berasal dari sapi lokal. Ada sebanyak 41 sapi dan 20 kambing dari peternak lokal yang dipotong untuk didistribusikan di lingkungan Kementerian Perdagangan. Enggar mengaku tak ada kesulitan yang berarti dalam pengadaan ternak untuk Idul Adha. "Berjalan lancar, Alhamdulillah," kata Enggar.

Enggar menegaskan dalam perayaan Idul Adha dan Idul Fitri memang terjadi perbedaan yang cukup berarti. Contohnya, harga daging sapi saat Idul Fitri yang menanjak naik, ketimbang Idul Adha yang relatif stabil. 

"Jadi beda. Kalau Idul Adha ini  daging yang di masyarakat cukup banyak maka harga itu terkendali sekali," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP