Menhub Yakin Desember 2016, Dwelling Time Dua Hari Tercapai

Radiation Portal Monitor (RPM) dioperasikan di pelabuhan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/energitoday.com

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo meminta para pembantunya, agar segera menindaklanjuti persoalan waktu bongkar muat (dwelling time) di beberapa pelabuhan yang sampai saat ini masih lamban. Presiden menargetkan, dwelling time bisa dipangkas menjadi dua hari.

Pangkas Waktu Sandar Kapal dan Kargo, Luhut Bakal Berantas Mafia Pelabuhan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah bersama para pemangku kepentingan terkait akan melakukan berbagai cara untuk memenuhi target Presiden. Akhir tahun ini, diperkirakan target tersebut bisa terealisasi.

“Pelindo I & II, semua stakeholder akan melakukan cepat. Desember selesai,” ujar Budi, saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa 13 September 2016.

BPJT Pede Tol Cibitung-Cilincing Pangkas Dwelling Time Tanjung Prio

Sampai saat ini, dwelling time di pelabuhan Tanjung Priok masih berada di kisaran 3,7 hari. Sementara itu, di dua pelabuhan lainnya seperti Tanjung Perak dan Belawan, justru lebih lama dibandingkan waktu bongkar muat di Tanjung Priok.

Presiden Joko Widodo pun mengungkapkan, meskipun ada dwelling time di beberapa pelabuhan belum cukup baik, namun nyatanya tidak semua pelabuhan mengalami hal serupa. Misalnya, seperti di Pelabuhan Makassar.

Menhub Ingin Tanjung Priok Bersaing dengan Pelabuhan Lain di Dunia

“Laporan yang saya terima sudah cukup baik, tapi yang lain masih belum,” ungkapnya.

Pungli

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menduga, lamanya waktu bongkar muat di pelabuhan lantaran adanya pemain-pemain pelabuhan yang tidak bertanggung jawab. Maka, Presiden pun telah menginstruksikan kepada aparat Kepolisian untuk memberikan mereka ganjaran yang setimpal.

“Saya sudah perintahkan kepada Kapolri (Tito Karnavian), pelaku-pelaku pungli (pungutan liar) tangkap, tidak ada toleransi lagi. Kalau tidak, akan seperti ini terus,” tegasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya