Mendag Janji Hidupkan Lagi Kredit Usaha Ternak

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito saat meninjau suatu pasar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Romys Binekasri

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan skema kredit usaha bagi peternak sapi guna mendorong pasokan sapi lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani. Di tengah arus impor daging kerbau yang dilakukan, pemerintah mengklaim tak lupa untuk meningkatkan pasokan sapi lokal.  

Klarifikasi Menteri Perdagangan soal Pelarangan Minyak Curah

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan skema kredit usaha yang terbaik bagi peternak untuk mengembangkan usahanya. 

"Kami akan bicara dengan bank untuk hidupkan kembali kredit yang untuk peternak apakah itu namanya kredit usaha ternak dan segala macem itu kita hidupkan lagi," kata Enggar di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa, 13 September 2016. 

Mendag Nilai Sinergi Offline Online Bikin Jualan Lebih Untung

Enggar menuturkan, pihaknya akan menunjuk perusahaan penggemukan sapi (Feedlotter) yang dipercaya untuk bekerja sama dengan perbankan. Tapi dengan syarat harus perduli dengan peternak kecil. 

"Kalau enggak peduli, kami tidak kasih (izin) impor dan mereka yang peduli mau berbagi, kita akan kasih izin impor. Lalu kalau mereka yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan mengambil keuntungan maksimal, kita stop. Kita akan lakukan itu," kata dia. 

Balas Uni Eropa, Mendag Ajak Importir Cari Produk Susu di Negara Lain

Program kredit ini digadang-gadang akan terealisasi pada tahun depan. Mendag pun akan mengajak perbankan pelat merah untuk bekerja sama. Koordinasi dengan Kementerian Pertanian juga akan dilakukan. 

"Jadi ini program bersama Mentan karena peternak yang di bawah binaan pak Mentan. itu semua bisa berjalan dengan baik."

(mus) 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya