TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mendag Janji Hidupkan Lagi Kredit Usaha Ternak

Ini komitmen pemerintah kembangkan sapi lokal, tidak hanya Impor.
Mendag Janji Hidupkan Lagi Kredit Usaha Ternak
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito (kemeja putih) (VIVA.co.id/ Romys Binekasri)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan skema kredit usaha bagi peternak sapi guna mendorong pasokan sapi lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani. Di tengah arus impor daging kerbau yang dilakukan, pemerintah mengklaim tak lupa untuk meningkatkan pasokan sapi lokal.  

Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan skema kredit usaha yang terbaik bagi peternak untuk mengembangkan usahanya. 

"Kami akan bicara dengan bank untuk hidupkan kembali kredit yang untuk peternak apakah itu namanya kredit usaha ternak dan segala macem itu kita hidupkan lagi," kata Enggar di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa, 13 September 2016. 

Enggar menuturkan, pihaknya akan menunjuk perusahaan penggemukan sapi (Feedlotter) yang dipercaya untuk bekerja sama dengan perbankan. Tapi dengan syarat harus perduli dengan peternak kecil. 

"Kalau enggak peduli, kami tidak kasih (izin) impor dan mereka yang peduli mau berbagi, kita akan kasih izin impor. Lalu kalau mereka yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan mengambil keuntungan maksimal, kita stop. Kita akan lakukan itu," kata dia. 

Program kredit ini digadang-gadang akan terealisasi pada tahun depan. Mendag pun akan mengajak perbankan pelat merah untuk bekerja sama. Koordinasi dengan Kementerian Pertanian juga akan dilakukan. 

"Jadi ini program bersama Mentan karena peternak yang di bawah binaan pak Mentan. itu semua bisa berjalan dengan baik."

(mus) 
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP