TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Bahas Pagu Anggaran 2017, Banggar DPR Panggil Empat Menko

Pembahasan kemungkinan terkait pengetatan anggaran.
Bahas Pagu Anggaran 2017, Banggar DPR Panggil Empat Menko
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Luhut Binsar Panjaitan. (VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.)

VIVA.co.id – Badan Anggaran (Banggar) DPR hari ini, menggelar rapat kerja dengan empat menteri koordinator (Menko). Mereka adalah Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani, serta Menko Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto.

Dalam rapat ini, akan dibahas masalah pagu anggaran masing-masing kementerian dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2017.

"Anggota Banggar yang hadir sudah lebih dari separuh unsur fraksi. Sesuai tata tertib, rapat ini sah dan dapat mengambil keputusan," ujar Ketua Banggar DPR Kahar Muzakir, saat membuka rapat di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Diperkirakan, pembahasan akan terkait dengan pengetatan anggaran yang dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Diketahui, Menkeu sebelumnya menyebut, pagu belanja negara di RAPBN 2017 mencapai Rp2.070,5 triliun, yang terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.310,4 triliun, serta transfer daerah dan dana desa sebesar Rp760,8 triliun.

Anggaran belanja pemerintah pusat adalah sebesar Rp1.310,4 triliun untuk tahun 2017, lebih tinggi dibanding APBN Perubahan (APBN-P) 2016 yang sebesar Rp1.306,7 triliun.

Anggaran pemerintah pusat ini salah satunya mengalir ke belanja kementerian/lembaga sebesar Rp758,4 triliun, atau turun dari APBN-P tahun 2016 ini, yakni sebesar Rp767,8 triliun. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP