TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Alasan Pebisnis Sulit Dapat Pinjaman Modal

Ada kalanya, pebisnis sulit mengakses pinjaman usaha.
Alasan Pebisnis Sulit Dapat Pinjaman Modal
Ilustrasi Modal usaha. (U-Report)

VIVA.co.id – Modal adalah faktor penting dalam berbisnis. Tanpa modal, bisnis memang bisa berjalan. Namun, untuk mengembangkan sebuah usaha menjadi lebih besar lagi, keberadaan modal sangat diperlukan.

Ada kalanya, pebisnis sulit mengakses pinjaman usaha. Biasanya, mereka yang sulit mendapatkan permodalan melakukan kesalahan yang sama.

Agar bisnis Anda lebih mudah mendapatkan tambahan dana, hal berikut ini wajib untuk diketahui.

Tidak punya pembukuan

Selama bisnis berjalan, Anda tidak pernah melakukan pembukuan? Jangan harap bank, atau investor tertarik menanamkan dan memberi pinjaman modal pada bisnis Anda.

Pembukuan berfungsi menunjukkan arus pemasukan dan pengeluaran usaha. Dengan begitu, Anda akan tahu keuntungan, kerugian hingga prospek bisnis Anda.

Pembukuan juga menjadi bukti bagi pemberi pinjaman bahwa Anda memiliki kapasitas untuk mengembalikan pinjaman beserta bunganya. Untuk itu, susunlah pembukuan bisnis Anda sekarang juga.

Tidak punya rekening bank

Ini jadi masalah klasik pengusaha yang tinggal jauh dari pusat kota, karena tidak tersentuh oleh lembaga keuangan. Mereka tidak memiliki pengalaman menggunakan produk keuangan.

Jangankan meminjam modal, banyak di antara mereka bahkan tidak memiliki rekening tabungan. Padahal, bank salinan buku tabungan adalah salah satu syarat administratif saat orang mengajukan permohonan pinjaman pada bank

Tidak punya agunan

Banyak orang berpikir, mengakses pinjaman bank membutuhkan agunan seperti sertifikat rumah atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Hal ini membuat  banyak pengusaha, terlebih yang literasi keuangannya rendah, ragu  mengajukan pinjaman ke bank.

Padahal, ada fasilitas pinjaman yang tidak membutuhkan agunan sama sekali. Meski plafon pinjaman yang diberikan hanya mencapai ratusan juta rupiah, nilainya sudah cukup bagi Anda pengusaha pemula yang membutuhkan tambahan modal usaha secara cepat.

Lebih percaya rentenir

Banyak pengusaha, khususnya yang jauh dari pusat kota lebih suka meminjam uang pada rentenir dibandingkan lembaga keuangan seperti bank. Salah satu alasannya, rentenir tak meminta persyaratan serumit seperti ketika pengusaha mengajukan pinjaman ke bank. Padahal, bunga yang dibebankan rentenir tinggi bahkan kerap kali melebihi bunga bank. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP