TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Kota Ini Dinilai Paling Bahagia Sedunia

Pemerintahnya fokus pada kesehatan dan pendidikan.
Kota Ini Dinilai Paling Bahagia Sedunia
Mahasiswi di Yonsei University, Seoul. (REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo)

VIVA.co.id – Kota Seoul di Korea Selatan, dinyatakan sebagai kota paling bahagia di dunia karena kaya, sehat, dan relatif bebas kejahatan. Fakta itu dirilis oleh Perusahaan Konsultan dan Desain, Arcadis melalui risetnya yaitu Sustainable Cities Indeks 2016 , yang salah satunya memeringkat 100 kota besar di dunia dengan tingkat kebahagiaan warganya di level tertentu.  

Dilansir dari Business Insider, Kamis, 15 September 2016, riset tersebut, mengukur kebahagiaan kota-kota itu berdasarkan beberapa sub indeks. Yaitu, ketimpangan pendapatan, kejahatan, pendidikan, keseimbangan kehidupan kerja, kesehatan dan keterjangkauan masyarakat suatu kota. 

Hasilnya, Arcadis menemukan bahwa fokus pemerintah Korea Selatan pada kesehatan dan pendidikan mampu mendorong Seoul berada di peringkat pertama. 

"Program pemerintah juga mencakup kebijakan perencanaan perkotaan untuk memperkuat identitas kota, daya saing global, arah pembangunan dan inovasi dalam kelestarian lingkungan hidup bagi warga negara," tulis hasil riset tersebut. 

Pemimpin Seoul dinilai telah mengambil langkah-langkah serius terhadap keberlanjutan kota dan proyek-proyek pengembangan kota yang sedang digarap. Contohnya, proyek perbaikan aliran sungai dan daerah-daerah tercemar, yang telah diubah menjadi ruang rekreasi publik di jantung kota. 

"Restorasi tidak hanya memacu pembangunan ekonomi, tetapi juga memberikan perlindungan dari banjir yang sangat dibutuhkan di kota. Untuk meningkatkan keberlangsungan ekonomi, lingkungan dan kehidupan sosial di Seoul," tegasnya. 

Pada 2013, pemerintah kota itu juga telah meluncurkan rencana kerja jangka panjang di Seoul, yang fokus mempromosikan beberapa hal penting bagi pengembangan kota. Antara lain, kota tanpa diskriminasi, kota global yang dinamis dengan pasar ketenagakerjaan yang kuat, kota budaya dan bersejarah, dan sebuah kota yang kehidupannya aman, serta mudahnya sarana transportasi. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP