TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tiga Bendungan Senilai Triliunan Rupiah Siap Dibangun

Ketiga bendungan ini ditargetkan selesai pada 2020.
Tiga Bendungan Senilai Triliunan Rupiah Siap Dibangun
Ilustrasi bendungan (Instagram Knigth of Chat)

VIVA.co.id – Pemerintah akan melakukan peletakan batu pertama, atau groundbreaking tiga bendungan sebagai tanda dimulainya proyek pada pada tahun buku 2016. Ditargetkan pembangunan tiga bendungan ini akan rampung pada 2020.

Kepala Pusat Bendungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Imam Santoso mengungkapkan, ketiga Bendungan itu diantaranya Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, Bendungan Ladongi, Sulawesi Tenggara, dan bendungan Way Sekampung (Sukoharjo) yang berlokasi Lampung.

"Untuk Bendungan Kuwil Kawangkoan, sudah tanda tangan kontrak dan setiap saat siap groundbreaking," kata Imam dalam diskusi media di Kementerian PUPR, Jumat 16 September 2016.

Sementara itu, untuk Bendungan Ladongi dan Way Sekampung pada minggu depan, akan dilaksanakan penandatanganan kontrak kerja sama. Meski demikian, kata dia, pekerjaan di bendungan yang telah ada kesepakatan kontrak akan mulai dilakukan tanpa menunggu waktu groundbreaking.

"Untuk Ladongi dan Way Sekampung kontraknya minggu depan. Pesan pak Menteri (Basuki), groundbreaking itu seremonial saja. Kita siap kapan saja yang jelas di lapangan jalan terus kerjanya tidak perlu nunggu groundbreaking, setelah terkontrak langsung kerja," kata dia.

Sebagai informasi, ketiga bendungan itu memiliki biaya hingga triliunan rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Jika dirinci, Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara akan menelan biaya sebesar Rp1,51 triliun.

Bendungan Ladongi, di Sulawesi Tenggara akan menelan biaya sebesar Rp907 miliar dengan tinggi 65 meter, dan volume tampungan 25,57 juta meter kubik. Sedangkan bendungan Way Sekampung (Sukharjo) di Lampung, diperkirakan menelan biaya di kisaran Rp500 miliar-Rp1 triliun, dengan tinggi bendungan 30 meter, dan ditargetkan dapat mengairi lahan irigasi seluas 4000 hektare.

"Untuk bendungan itu kita butuh 3-4 tahun penyelesaiannya, setelah groundbreaking, tergantung besarnya bendungan, kalau ketiga bendungan ini ditargetkan bisa selesai 2020," ungkapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP