Perumnas Bakal Jadi Penyedia Rumah Sederhana

Suasana pameran perumahan.
Sumber :
  • FOTO ANTARA/R. Rekotomo

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menjadikan Perum Perumnas sebagai penyedia rumah secara nasional Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun draf aturan yang nantinya akan diterbitkan berbentuk Peraturan Presiden (Perpres). 

"Kita ingin Perumnas benar-benar menjadi penyedia MBR. Tugas kita untuk rumah khusus. Dana dari sini nanti akan dibangun Perumnas. Tujuannya pertama untuk dia (Perumnas) bisa mengelola, kayak jadi nasional housing," kata Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jumat 16 September 2016. 

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Perumnas nantinya akan menggantikan peran pemerintah dalam membangun rumah MBR. Artinya, tugas pemerintah pusat membangun rumah MBR hingga kewajiban pemerintah daerah, dari provinsi hingga kabupaten, akan diserahkan kepada Perumnas. 

Menurut Basuki, Perumnas juga dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk pengelolaan pembangunan perumahan. Dengan pengelolaan berada di satu institusi, Basuki berharap pembangunan perumahan nasional menjadi lebih teratur. 

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"Ini lagi disusun oleh pak dirjen (Penyediaan Perumahan) untuk perpresnya. Seperti Hutama Karya, yang ditugasi bikin trans Sumatera," jelas Basuki. 

Selain itu, Perumnas nantinya bisa membeli rumah susun sederhana milik (Rusunami) untuk kembali dijual kepada MBR yang membutuhkan rumah. 

"Lalu, sekarang APBN kita kan diserahkan kepada Pemda gitu, nanti diserahkan kepada Perumnas untuk dikelola bangun rumah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya