TUTUP
TUTUP
BISNIS

Amnesti Pajak, Darmin Sebut Singapura Ketahuan Belangnya

Pemerintah RI akan tetap berkoordinasi dengan pihak Singapura.
Amnesti Pajak, Darmin Sebut Singapura Ketahuan Belangnya
darmin nasution (REUTERS/Enny Nuraheni)

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengakui Singapura mencoba menghambat program pengampunan pajak, yang kini dijalankan oleh Pemerintah Indonesia. Darmin mengatakan bahwa isu tersebut bukan sesuatu yang baru.

"Semua orang sudah tahu ada upaya mereka untuk menghambat itu. Cuma selama ini ya tidak ada yang mengaku," kata Darmin, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 16 September 2016.

Menurut Darmin, dengan munculnya kabar kalau pemerintah Singapura akan melaporkan wajib pajak Indonesia, yang mengikuti amnesti pajak, bila menemukan transaksi mencurigakan kepada pihak kepolisian. Menurutnya hal itu justru semakin membuka upaya penghambatan Singapura atas amnesti pajak.

"Ada yang kelihatan belangnya gitu," timpal Darmin.

Dia merasa aneh mengapa Pemerintah Singapura baru sekarang mempertanyakan dana atau transaksi mencurigakan wajib pajak Indonesia yang keluar dari Singapura, dan bukan saat dana masuk ke Singapura.

"Tapi ya intinya kita sudah makin tahu lah, makin ada bukti bahwa memang ada upaya-upaya yang untuk menghambat itu. Karena kalau soalnya transaksi mencurigakan, kenapa waktu masuk dia enggak ribut? Waktu keluar malah ribut. Itu enggak konsisten," jelasnya.

Meski demikian, Darmin menyatakan pemerintah akan tetap akan berkoordinasi dengan pihak Singapura. Pihaknya akan mengawasi, bagaimana nanti pelaksanaan di lapangan. Ia yakin persoalan ini tetapi tidak akan menghambat minat wajib pajak untuk ikut program amnesti pajak.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP