TUTUP
TUTUP
BISNIS

Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pinjaman Dana Pernikahan

Jangan sampai malah terjerat utang saat berstatus pengantin baru.
Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pinjaman Dana Pernikahan
Ilustrasi cincin pernikahan. (U-Report)

VIVA.co.id – Membengkaknya biaya pernikahan seringkali terjadi tanpa bisa kita duga. Meski semua telah dianggarkan, ada saja kebutuhan yang membuat kita harus menambah suntikan dana.

Hal ini jadi persoalan bila semua uang yang kita siapkan sudah kita gunakan. Dalam kondisi seperti ini, pinjaman bank biasanya menjadi solusi.

Apalagi jika alternatif pinjaman lain mulai dari teman hingga keluarga sudah kita gunakan. Namun, apa saja produk pinjaman yang cocok untuk kebutuhan Anda tersebut?

Pinjaman KTA

Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan solusi instan bagi kamu yang membutuhkan dana cepat. Produk satu ini paling cocok untuk membiayai tambahan dana pernikahan karena kelebihannya seperti proses yang mudah dan syarat yang tidak banyak.

KTA bahkan bisa cair dalam hitungan hari. Menariknya, sejumlah bank secara terang terangan menyampaikan bahwa produk KTA yang ditawarkannya bisa diperuntukkan bagi sejumlah pembiayaan mulai dari pendidikan hingga pernikahan.

Sejumlah bank memberikan limit KTA hingga Rp200 juta tanpa sedikit pun agunan. Namun, ada syarat utama yang harus dipenuhi yakni kepemilikan kartu kredit dengan minimal penggunaan satu tahun.

Hal yang harus diperhatikan

Meski KTA merupakan produk yang memudahkan Anda untuk menambah dana pernikahan secepat mungkin, ada beberapa yang harus diperhatikan seperti, bunga dan biaya. Ada sejumlah produk bank yang memberikan bunga sebesar 0,99 persen.

Tapi Anda harus teliti sebab bunga yang dimaksud bukan total bunga yang wajib Anda bayarkan melainkan, 0,99 persen adalah jumlah bunga yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Pinjaman multiguna

Bagi Anda yang membutuhkan tambahan dana pernikahan cukup besar, kredit multiguna alias kredit dengan agunan adalah solusi instan yang dapat dipilih. Alasannya, jenis pinjaman ini memungkinkan seseorang mengakses dana hingga miliaran rupiah tergantung jenis agunan yang Anda gunakan.

Jangka waktu pelunasan juga cukup lama karena beberapa bank memberikan tenor hingga sepuluh tahun. Namun, semakin panjang tenor yang Anda pilih, semakin besar pula bunga yang sebenarnya Anda bayarkan.

Ada sejumlah barang agunan yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh pinjaman satu ini yakni sertifikat kendaraan bermotor atau sertifikat rumah atau ruko.

Hal yang harus diperhatikan

Sebelum menggunakan pinjaman ini, pastikan terlebih dahulu berapa besar dana yang dapat Anda akses. Maksudnya, agar jumlah dana yang Anda ajukan tidak lebih besar dari kemampuan Anda membayar. Sebab, Anda telah mengagunkan benda berharga milik Anda seperti rumah atau kendaraan.

Ada rumus sederhana yang biasanya digunakan untuk menentukan jumlah pinjaman kredit multiguna yang paling proporsional untuk Anda. Jumlahnya adalah tidak lebih dari 30 persen penghasilan Anda dan istri setiap bulannya. Pastikan juga Anda tidak memiliki utang lain yang bisa membebani kemampuan Anda melunasi cicilan.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP