TUTUP
TUTUP
BISNIS

6 Solusi Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit

Cari solusi terbaik dan aman untuk melunasi utang.
6 Solusi Jitu Lunasi Utang Kartu Kredit
Kartu kredit (HaloMoney)

VIVA.co.id – Melunasi utang kartu kredit adalah keinginan kita yang memang sedang berhadapan dengan utang tersebut.

Terkadang, saat memiliki utang kartu kredit, kita dihadapkan pada pilihan antara melunasi utangnya per bulan dengan risiko adanya tambahan bunga, sehingga cicilan juga akan bertambah.

Pilihan lainnya, dengan membayar utang kartu kredit secara tunai, namun harus menyiapkan sejumlah uang, sesuai dengan beban utang kita saat itu juga. 

Masalah utang kartu kredit, tidak bisa ditunda begitu saja. segera mungkin kita perlu mempersiapkan budget khusus untuk melunasinya. Minimal per bulan, namun dengan jumlah pelunasan di atas saldo minimum cicilan kredit kita.  

Hal ini bisa dilakukan untuk antisipasi adanya kenaikan bunga di waktu tertentu. Solusi lain yang banyak dicoba oleh para pengguna kartu kredit adalah menambah kartu kredit jenis lainnya. Cara seperti itu juga dirasa kurang maksimal dalam mengurangi cicilan kredit yang ada. 

Berikut ini ,enam solusi jitu melunasi utang kartu kredit, agar terbebas dari utang:
 

1.    Mulai dari menghentikan kartu kredit

Karena kartu kredit kita yang menyebabkan utang tersebut, maka mulailah mencari solusinya dengan kartu kredit milik sendiri. Utang yang timbul saat ini, tentu saja karena adanya penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Jika ini juga terjadi, sebaiknya Anda mulai menghentikan kartu kredit. Cobalah untuk berbelanja tanpa menggunakan kartu kredit, paling tidak untuk mengurangi tagihan yang ada di setiap bulannya. Tagihan semakin kecil, karena tidak ada transaksi, maka cicilan yang harus dibayar juga akan kecil. 

2.    Menjual aset dan menggunakan tabungan

Utang harus segera dilunasi. Jika memiliki aset dan tabungan yang sedang berlebih, segera lunasi utang kartu kredit. Jangan pernah menunda membayar utang, atau sampai telat melakukan pembayaran cicilan, atau pelunasan kartu kredit tersebut.

Sistem bunga yang diterapkan pada kartu kredit akan membuat tagihan terlambat, menjadi semakin besar dan tentunya membuat hidup  kurang nyaman.

 3.    Membuat rencana keuangan

Untuk yang bekerja, tentunya akan mendapatkan gaji setiap bulannya, usahakan untuk menjadikan utang kartu kredit sebagai prioritas utama. Jika memiliki utang beberapa kartu kredit, lunasi kartu kredit dengan bunga terbesar, selanjutnya lakukan pembayaran kartu kredit yang berbunga rendah. Beban bunga yang tinggi, dapat membuat jumlah utang anda semakin membengkak. 

4.    Cari pendapatan lain

Mencari pekerjaan tambahan sepertinya mulai dilakukan sebagian orang untuk alternatif masalah keuangan, terutama yang memiliki urusan utang. Saat ini, jika  memiliki keahlian tertentu, sebenarnya bisa memiliki pekerjaan sampingan dengan mudah.

Jika tidak, Anda bisa mencari uang tambahan dengan berjualan online, atau membuka usaha dengan berjualan musiman di waktu khusus saat sedang tidak sibuk bekerja. Keuntungan yang didapat tentunya bisa menambah peluang untuk tetap dapat membayar utang. 

5.    Meminta keringanan dari pihak penagih utang

Misalnya setiap bulan, tagihan kartu kredit yang diterima dirasa terlalu besar jumlahnya, sementara pendapatan yang dimiliki masih minimal karena harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Anda bisa mencoba meminta pihak terkait agar diberi keringanan dalam pembayaran cicilan utang tersebut. Bisa meminta perubahan jangka waktu pelunasan kredit, dengan memperhatikan faktor bunga bank tersebut tentunya. 

6.    Meminjam uang tanpa bunga

Jika beberapa cara di atas rupanya cukup sulit untuk melunasi atau membayar cicilan utang, cobalah untuk meminjam uang kepada saudara, atau rekan yang dipercaya, untuk meminjamkan uang kepada Anda tanpa bunga. Nanti saat akan melunasi utang, Anda tinggal membayar sejumlah uang yang Anda pinjam, meski harus berutang lagi. 

Cari solusi terbaik dan aman untuk melunasi utang

Carilah solusi terbaik untuk anda dapat melunasi utang. Jangan pernah mencoba untuk mencari solusi dengan langkah yang sama, yaitu meminjam uang kepada pihak Bank lagi.

Hal seperti itu malah dapat membuat utang terhadap bank menjadi lebih besar lagi. Solusi terbaik untuk melunasi utang adalah yang tidak terlalu menyulitkan keuangan, serta masih dapat menghadirkan kenyamanan dalam diri. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP