TUTUP
TUTUP
BISNIS

Alternatif Pembiayaan untuk Proyek Infrastruktur

Sosialisasi tentang pembiayaan ini gencar dilakukan.
Alternatif Pembiayaan untuk Proyek Infrastruktur
Pengerjaan Proyek Jalan Tol Becakayu (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Pemerintah terus gencar membangun Infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Pembangunan infrastruktur membutuhkan dana yang sangat besar untuk jangka waktu yang panjang. Sementara pemerintah tidak dapat mengcover seluruh pembiayaan tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida menyampaikan, selain perbankan, pasar modal dapat digunakan sebagai alternatif pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Kita telah mengandalkan multiple pembiayaan. Kita lihat ini bisa dapat digunakan untuk infrastruktur dan pembangunan secara nasional,"  kata Nurhaida di gedung Bank Indonesia Jakarta, Senin, 19 September 2016.

Ia mengatakan, pemerintah perlu mengembangkan perbaikan sistem yang baik agar dapat menumbuhkan pasar modal nasional. Dengan demikian, pengetahuan dan sosialisasi pasar modal harus terus dilakukan secara masif mulai dari bangku sekolah hingga perguruan tinggi.

"Kita juga lakukan sosialisasi ke SD, SMP, SMA dan juga universitas mendalami pasar modal. OJK juga telah memberikan berbagai kemudahan untuk berinvestasi di pasar modal,"  tuturnya.

Nurhaida menilai, pasar modal saat ini juga semakin efisien dengan adanya pengembangan infrastruktur yang memudahkan para investor seperti melalui sistem berbasis teknologi.

"Pembangunan infrastruktur kita lihat butuh dana yang sangat besar. Kita lihat memang ada untuk pembiayaan. Tapi kita akan gunakan private sektor untuk pembiayaan," ujarnya

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP