Alternatif Pembiayaan untuk Proyek Infrastruktur

Pengerjaan Proyek Jalan Tol Becakayu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Pemerintah terus gencar membangun Infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Pembangunan infrastruktur membutuhkan dana yang sangat besar untuk jangka waktu yang panjang. Sementara pemerintah tidak dapat mengcover seluruh pembiayaan tersebut.

SMI Dapat Kontrak Penugasan Pemerintah Rp 825 Miliar, Siapkan Proyek Pembangunan di IKN

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida menyampaikan, selain perbankan, pasar modal dapat digunakan sebagai alternatif pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Kita telah mengandalkan multiple pembiayaan. Kita lihat ini bisa dapat digunakan untuk infrastruktur dan pembangunan secara nasional,"  kata Nurhaida di gedung Bank Indonesia Jakarta, Senin, 19 September 2016.

Tanggul Kali Hek Jebol, DPRD DKI Soroti Sedikitnya Pasukan Biru SDA

Ia mengatakan, pemerintah perlu mengembangkan perbaikan sistem yang baik agar dapat menumbuhkan pasar modal nasional. Dengan demikian, pengetahuan dan sosialisasi pasar modal harus terus dilakukan secara masif mulai dari bangku sekolah hingga perguruan tinggi.

"Kita juga lakukan sosialisasi ke SD, SMP, SMA dan juga universitas mendalami pasar modal. OJK juga telah memberikan berbagai kemudahan untuk berinvestasi di pasar modal,"  tuturnya.

Jokowi Kunjungan Kerja ke Sulteng, Resmikan Rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri

Nurhaida menilai, pasar modal saat ini juga semakin efisien dengan adanya pengembangan infrastruktur yang memudahkan para investor seperti melalui sistem berbasis teknologi.

"Pembangunan infrastruktur kita lihat butuh dana yang sangat besar. Kita lihat memang ada untuk pembiayaan. Tapi kita akan gunakan private sektor untuk pembiayaan," ujarnya

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024