Medco Energi Akuisisi Dua Anak Usaha ConocoPhillips

Pekerja Medco Energi
Sumber :
  • Company Profile Medco Energi 2010

VIVA.co.id – PT Medco Energi Internasional Tbk telah menandatangani perjanjian jual beli untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc, Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP), keduanya merupakan anak perusahaan ConocoPhillips (COP).

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

CEO Medco Energi, Roberto Lorato, mengatakan dengan kepemilikan sebesar 40 persen, CIIL sebagai Operator dari PSC South Natuna Sea Block B PSC (SNSB) juga merupakan operator dari West Natuna Transportation System (WNTS). Sedangkan, CSOP mengoperasikan onshore receiving facility di Singapura.

Dijelaskan, infrastruktur WNTS beserta jaringan pipa gas Malaysia akan terus memegang peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada, dan aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal empat 2016.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Roberto menuturkan bahwa akuisisi ini akan memberikan tambahan cadangan minyak dan gas yang signifikan dan menambahkan produksi tahunan perseroan lebih dari 35 persen.

"Dengan arus kas yang kuat dikala kondisi harga minyak rendah, transaksi ini secara langsung dapat memberikan peningkatan pendapatan," kata Roberto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta Selasa 20 September 2016.

Innalillahi, Arifin Panigoro Meninggal Dunia

Hal penting lainnya, lanjut Roberto, pihaknya mengakui SNSB memiliki infrastruktur dan skala operasional yang bertaraf dunia dan didukung oleh tim yang berpengalaman dengan catatan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup yang terbaik.

"Kami berharap dapat mengintegrasikan aset-aset penting ini ke dalam portofolio hulu Medco Energi,” kata dia.

Direktur Utama Medco Energi, Hilmi Panigoro, menambahkan bahwa sebagai perusahaan minyak dan gas swasta nasional, pihaknya terus mencari kesempatan untuk meningkatkan kontribusi Medco Energi terhadap perekonomian Indonesia.

"Transaksi ini akan memperkuat kehadiran Medco Energi di Indonesia dan meningkatkan kemampuan hulu minyak dan gas perseroan melalui integrasi operasi lepas pantai kelas dunia,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya