Genjot Produksi Gula, 380 Ribu Hektare Lahan Tebu Disiapkan

Petani tebu.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVA.co.id – Dalam rangka meningkatkan produksi gula, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri, Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendukung perkebunan tebu di dalam negeri untuk lebih beroptimal dalam hal produksi.

Jagung Pemberian Kementan Buat Peternak Dikritik karena Ini

Hal ini dilakukan, salah satunya dengan cara menambah jumlah lahan perkebunan tebu di Tanah Air, dengan target beberapa tahun ke depan.

"Kita ada program untuk menyelesaikan masalah perkebunan tebu ini. Target empat sampai lima tahun ke depan, adalah pembukaan lahan sekitar 380 ribu hektare," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di kantor Kementan, Jakarta Selatan, Selasa 20 September 2016.

Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

Amran mengatakan, pihaknya akan membidik sejumlah daerah, untuk pembukaan lahan bagi kebutuhan perkebunan tebu di Tanah Air tersebut. Nantinya, lahan itu akan diperuntukkan bagi produsen tebu yang sudah berdiri dan siap berproduksi.

"Lahannya kita untuk semua yang pabriknya sudah berdiri, seperti misalnya di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung," ujarnya.

Petani Porang di Jawa Timur Girang Disubsidi Pupuk

Menurut Amran, saat ini, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani), terkait dengan rencana pembukaan lahan tebu. 

Untuk hal-hal terkait urusan administrasinya, Amran mengaku saat ini sedang diproses, karena kesepakatan sebelumnya memang sudah dibangun, guna memenuhi kebutuhan lahan untuk perkebunan tebu ini.

"Kita kerja sama dengan Perhutani. Itu sudah kesepakatan, sementara administrasinya sedang diproses," ujar Amran. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya