TUTUP
TUTUP
BISNIS

Situasi Fiskal Tak Sehat, Belanja Negara Harus Berkualitas

Semua lembaga dan pemerintah daerah tak harus kejar WTP.
Situasi Fiskal Tak Sehat, Belanja Negara Harus Berkualitas
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/aww/16)

VIVA.co.id – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan piagam penghargaan kepada pemimpin lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota daerah terkait laporan keuangan daerah dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, di tengah situasi fiskal yang kurang baik, kebutuhan mengelola keuangan secara baik menjadi sangat penting. Menurutnya, pengelola keuangan tidak melulu mengejar opini WTP, tetapi harus dibarengi indikator pengelolaan yang akuntabel dan tanpa korupsi.

Menurutnya, hal ini menjadi tantangan bagaimana lembaga dan pemerintahan daerah dapat membuat laporan keuangan yang berkualitas yang efektif dan efisien.

"Pada akhirnya, kita bisa mendapatkan kepercayaan publik melalui laporan keuangan daerah dan pusat yang baik. Ini mencerminkan keseluruhan,"ujar Sri di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta, Selasa 20 September 2016.

Dalam menyajikan laporan keuangan yang berkualitas, Sri mengimbau, agar pemerintah mulai menerapkan sistem standar akuntasi berbasis aktual terhadap laporan keuangan. Meskipun, ia mengaku sempat khawatir dengan perubahan sistem ini yang dapat memengaruhi opini laporan.

"Saya berharap, gubernur dan lainnya memiliki laporan WTP, meskipun sistem sudah berubah. Saya juga bangga ada beberapa entitas yang sudah menerapkan sistem ini dan tetap bertahan dengan opini WTP," tuturnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP