TUTUP
TUTUP
BISNIS

Ide Bisnis Kreatif dan Produktif  Saat Pensiun

Justru dengan memasuki masa pensiun, Anda bisa merancang jenis usaha.
Ide Bisnis Kreatif dan Produktif  Saat Pensiun
masa pensiun (Halomoney)

VIVA.co.id – Banyak orang yang menganggap bahwa masa pensiun merupakan masa akhir dari produktivitas seseorang. Memang masa pensiun merupakan masa berakhirnya pekerjaan, karena faktor usia yang sudah tidak lagi masuk dalam usia kerja.

Tetapi, bukan berarti memasuki masa pensiun menandakan seseorang sudah tidak bisa kembali produktif lagi. Justru dengan memasuki masa pensiun, Anda bisa merancang jenis usaha yang sebelumnya tidak bisa dilakukan selama bekerja.

Jika masih bingung dalam menentukan pilihan usaha yang cocok, berikut ini deskripsi pekerjaan yang bisa jadi pilihan:

1. Bisnis sektor pertanian atau peternakan

Salah satu bisnis yang cukup banyak diminati oleh para pensiunan adalah bisnis pertanian maupun peternakan, karena bisnis jenis ini cenderung lebih mudah dikembangkan, dan keuntungan yang didapat juga sangat besar, terlebih para produsen masih banyak yang belum menyerapnya secara maksimal. Anda bisa memasarkan hasil produksi ke para produsen pengolah yang membutuhkan, dari sinilah keuntungan besar tersebut didapat. 

Mengapa bisa dibilang mudah? Karena, Anda cukup hanya dengan bermodalkan lahan, serta uang yang cukup untuk memberi bibit maupun hewan ternak, dan mempekerjakan karyawan yang sanggup mengurusinya.

2. Bisnis sektor properti

Selanjutnya adalah bisnis di sektor properti. Sebagaimana kita ketahui bahwa bisnis properti tidak begitu sulit untuk dijalankan, mengingat Anda hanya mengurusi properti yang akan disewakan  saja.

Bisnis properti memiliki prospek yang sangat bagus, karena properti seringkali dibutuhkan oleh masyarakat umum. Anda hanya perlu menjalankan bisnis ini di rumah saja, tidak perlu khawatir akan kerugian, karena seiring berjalannya waktu justru nilainya akan meningkat terus. Alternatif lain adalah dengan berbisnis kost – kostan, apalagi yang memiliki lahan kosong dekat dengan kampus maupun sekolah ternama.

3. Bisnis sektor transportasi

Mengingat kebutuhan banyak orang mengenai transportasi cukup besar, maka hal ini bisa Anda manfaatkan untuk lahan bisnis. Sama seperti bisnis properti, di sektor transportasi juga sangatlah menguntungkan, karena selain transportasi sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat, hanya memanajemkan jalannya bisnis tersebut dari rumah.

Contohnya adalah membuat jasa antar jemput anak ke sekolah, bisnis rental mobil, dan lain lain. Maka dari itulah, bisnis sektor ini merupakan prospek besar bagi Anda pensiunan yang ingin terus produktif.

Selain itu, belakangan ini banyak sekali seminar mengenai mendirikan bisnis travel agent. travel agent saat ini merupakan salah satu bisnis yang sedang booming. Banyak yang bisa di jual di bisnis ini, mulai dari penjualan tiket pesawat, booking hotel, haji dan umroh dan lain-lain. Bisnis ini juga tidak membutuhkan tenaga dan biaya yang besar sehingga cocok bagi pensiunan.

4. Bisnis sesuai dengan hobi

Yang terakhir adalah membuka bisnis sesuai dengan hobi yang dimiliki. Silahkan kenali terlebih dahulu apa hobi saat ini, setelah itu pikirkanlah jenis usaha apa yang cocok. Misalkan hobi memasak, maka tidak ada salahnya, jika membuka warung makan atau kedai makanan dengan Anda sebagai kokinya.

Bisnis yang dijalankan sesuai dengan hobinya, tentu akan membuat semangat dan senang dalam menjalankannya, selain membuat senang, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Sambil menikmati masa pensiun, Anda tetap bisa produktif

Uraian di atas bisa makin menambah semangat dalam menjalani masa pensiun. Sebenarnya masih banyak lagi peluang usaha yang dapat anda terapkan untuk mengisi masa pensiun dengan hal yang produktif. Kunci sukses kembali ke diri sendiri yang menjalankan usaha tersebut. Namun, setidaknya, saat ini memiliki tambahan wawasan untuk tetap produktif walaupun sudah memasuki masa pensiun.  (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP