TUTUP
TUTUP
BISNIS

Hati-Hati, Uang Anda Sering Bocor di Tempat Ini

Pengeluaran kecil jangan dianggap sepele.
Hati-Hati, Uang Anda Sering Bocor di Tempat Ini
Bekerja di kantor dengan gaji tinggi, foto ilustrasi. (U-Report)

VIVA.co.id – Suka kesal karena susah meningkatkan jumlah tabungan meski sudah berhemat? Jangan-jangan uang Anda sebenarnya mengalir ke hal-hal yang kurang penting. Namun, selama ini tidak menyadari adanya kebocoran tersebut. 

Tempat di mana pengeluaran tidak terduga muncul biasanya sepele namun sering kita lupakan. Berikut ini empat sumber kebocoran uang yang sering  diabaikan:

1. Asuransi kendaraan lama
Anda punya dua kendaraan dan keduanya dilindungi asuransi. Namun, kendaraan lama lebih sering menganggur di garasi karena kendaraan baru lebih nyaman dan irit bensin. Nah, sudah saatnya mengevaluasi hal ini. Sebab, uang yang keluar untuk polis asuransi kendaraan tidak sedikit. 

Padahal, manfaat yang didapatkan tidak maksimal seiring minimnya penggunaan kendaraan. Untuk itu, segera ambil keputusan. Anda bisa menghentikan asuransi, namun bisa juga menjual kendaraan lama bila tidak berani mengambil risiko memiliki kendaraan tanpa asuransi.

2. Biaya langganan televisi kabel

Anda berlangganan televisi kabel all access yang harganya cukup mahal. Namun, televisi di rumah justru lebih sering dalam posisi mati. Pada akhir pekan,  lebih memilih nonton bioskop atau berekreasi keluar rumah dibanding menonton televisi.

 Sepertinya uang tagihan televisi kabel yang dikeluarkan setiap bulan terbuang percuma. Jika tetap ingin punya akses tontonan premium, kenapa tidak beralih dari televisi kabel berlangganan ke langganan film via penyedia video streaming.

3. Transaksi beda rekening bank

Anda sering menarik uang tunai atau melakukan transfer antar rekening bank? Uang yang terbuang untuk hal satu ini tidak sedikit. Untuk satu kali transaksi antar bank, potongan biayanya bisa mencapai Rp7.500. Jika dalam sebulan melakukan lima kali transaksi antar rekening bank, uang yang terbuang percuma untuk membayar biaya administrasi mencapai Rp37.500. Bayangkan berapa uang yang bisa dihemat dalam setahun jika Anda bisa menghindari kebocoran uang ini?

4. Bunga kartu kredit

Kartu kredit bisa menguntungkan namun bisa menyebabkan pemborosan uang bila tidak bijak menggunakannya. Salah satu kesalahan yang sering merugikan pengguna kartu kredit adalah pembayaran cicilan utang yang tidak disiplin. 

Utang yang tidak terbayar saat jatuh tempo bisa menjadi tagihan yang besar karena adanya bunga dan penalti keterlambatan. Asal tahu saja, bunga kartu kredit merupakan salah satu bunga utang tertinggi. Oleh karenanya, Anda bisa menghemat uang cukup banyak apabila bisa menghindari kebocoran uang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP