Permudah Tax Amnesty, Pemerintah Perlunak Aturan SPV

Ilustrasi/Kebijakan Tax Amnesty.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pemerintah beberapa waktu yang lalu telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 127/PMK.010/2016 tentang Pengampunan Pajak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang pengampunan pajak bagi wajib pajak yang memiliki harta tidak langsung melalui Special Purpose Vehicle (SPV).

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Dalam aturan ini disebutkan bahwa setiap perusahaan cangkang yang dimiliki para Wajib Pajak (WP) di luar negeri, apabila ingin mengikuti program tax amnesty harus terlebih dahulu membubarkan atau melepas hak kepemilikan SPV dengan melakukan pengalihan hak atas harta yang didapat secara tidak langsung.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara Astera Primanto Bhakti mengungkapkan, pemerintah berencana kembali menyempurnakan aturan tersebut dalam waktu dekat. Nantinya akan diatur mekanisme, bagaimana WP tidak perlu membubarkan, atau melepas hak kepemilikan dari SPV yang dimilikinya

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

“Kami melihat dinamika di lapangan, ternyata masih ada pihak-pihak yang masih membutuhkan existing SPV untuk kegiatan di masa yang akan datang,” jelas Astera dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu 21 September 2016.

Menilik hal tersebut, maka pemerintah pun berkomitmen untuk mengakomodir kebutuhan para WP, terutama yang ingin berpartisipasi dalam tax amnesty. Meski begitu, sebagai kompensasi tidak dibubarkannya SPV, para WP akan dikenakan tarif deklarasi luar negeri.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

“Kalau WP tidak ingin bubarkan, silahkan saja. Namun kami akan kenakan dengan tarif deklarasi luar negeri. Karena kami anggap kepemilikan daripada aset yang di declare adalah harta yang ada di SPV-nya,” ungkapnya.

Astera menegaskan, penyempurnaan dari aturan tersebut saat ini masih digodok oleh pemerintah, dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk diterbitkan. Para WP yang memiliki perusahaan cangkang, ditegaskan dia, pun sudah bisa menikmati fasilitas ini, meskipun aturannya belum secara resmi terbit.

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023