KPK Tawarkan Sistem Transparansi Anggaran

Ketua KPK, Agus Rahardjo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan KPK akan menawarkan pada Kementerian Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) program transparansi keuangan Jaga Anggaran.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

"Kalau menteri keuangan bersedia kita kirim surat. Jadi saya ingin perkenalkan mudah-mudahan didukung banyak pihak, sistem anggaran yang betul-betul transparan, detail dan tidak hanya untuk satu tahun," kata Agus di DPR, Jakarta, Rabu 21 September 2016.

Ia mencontohkan anggaran pemerintah dan DPR disampaikan sampai tiga tahun mendatang dan didetailkan secara sangat detail. Transparansi anggaran ini akan dipublikasikan di website untuk bisa diakses oleh masyarakat.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

"Jadi rakyat itu anda semua bisa melihat. Harga CPU kok segini, ini kemahalan speknya kaya begini. Semua bisa mengakses. Mendingan detail semua tahu, semua bisa melihat apalagi pengeluaran jangka menengah tiga tahun itu kita bisa melihat. Nah itu kemungkinan orang titip itu bisa kita jaga," kata Agus.

Ia mengatakan ide program ini didapat dari praktik terbaik yang sudah berlaku di banyak negara. Misalnya bagaimana Amerika melakukan penganggaran negaranya dapat dilihat di control.com.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

"Nah cara mereka menganggarkan sudah berpuluh tahun di situ, kenapa sih kita menciptakan sendiri kemudian orang masih malah bisa akrobat, manipulasi, makanya yang bagus kita pakai saja," kata Agus.
 

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022