TUTUP
TUTUP
BISNIS

KPK Tawarkan Sistem Transparansi Anggaran

Ini akan membuka semua belanja pemerintah dan bisa diakses masyarakat.
KPK Tawarkan Sistem Transparansi Anggaran
Ketua KPK Agus Rahardjo. (VIVA.co.id/ Moh Nadlir)

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan KPK akan menawarkan pada Kementerian Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) program transparansi keuangan Jaga Anggaran.

"Kalau menteri keuangan bersedia kita kirim surat. Jadi saya ingin perkenalkan mudah-mudahan didukung banyak pihak, sistem anggaran yang betul-betul transparan, detail dan tidak hanya untuk satu tahun," kata Agus di DPR, Jakarta, Rabu 21 September 2016.

Ia mencontohkan anggaran pemerintah dan DPR disampaikan sampai tiga tahun mendatang dan didetailkan secara sangat detail. Transparansi anggaran ini akan dipublikasikan di website untuk bisa diakses oleh masyarakat.

"Jadi rakyat itu anda semua bisa melihat. Harga CPU kok segini, ini kemahalan speknya kaya begini. Semua bisa mengakses. Mendingan detail semua tahu, semua bisa melihat apalagi pengeluaran jangka menengah tiga tahun itu kita bisa melihat. Nah itu kemungkinan orang titip itu bisa kita jaga," kata Agus.

Ia mengatakan ide program ini didapat dari praktik terbaik yang sudah berlaku di banyak negara. Misalnya bagaimana Amerika melakukan penganggaran negaranya dapat dilihat di control.com.

"Nah cara mereka menganggarkan sudah berpuluh tahun di situ, kenapa sih kita menciptakan sendiri kemudian orang masih malah bisa akrobat, manipulasi, makanya yang bagus kita pakai saja," kata Agus.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP