TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Menkeu Klaim Ekspor Impor RI Mulai Masuki Teritori Positif

Pengusaha menahan diri untuk melakukan ekspansi lebih.
Menkeu Klaim Ekspor Impor RI Mulai Masuki Teritori Positif
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi keterangan pers di Kantor Pusat Dirjen Pajak, Jakarta, Selasa (16/8/2016).  (ANTARA/Rosa Panggabean)

VIVA.co.id – Fluktuasi harga komoditas global, menyebabkan aktivitas ekspor dan impor Indonesia dalam dua tahun terakhir tumbuh di teritori negatif. Padahal, ekspor dan impor merupakan salah satu komponen penting dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, meskipun dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekspor dan impor nasional tumbuh kurang menggembirakan, namun saat ini sudah ada cerminan bahwa aktivitas perdagangan Indonesia mulai bergerak ke arah yang lebih positif.

“Sekarang, kami lihat sudah mulai mendekati teritori positif. Kami berharap, tentu akan relatif netral sampai dengan akhir tahun,” ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, saat ditemui di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis 22 September 2016.

Dari sisi investasi, Menkeu mengakui, adanya langkah konsolidasi dari pihak-pihak swasta yang cenderung menahan diri untuk melakukan ekspansi lebih, karena faktor harga komoditas yang melemah. Namun, pemerintah tetap menaruh harapan besar, minat investasi bisa bergeliat.

“Kami mengharapkan, baik dari perbankan, dari sisi korporasi, bagaimana masih punya minat, terutama dengan masuknya dana-dana dari repatriasi tax amnesty (pengampunan pajak),” ungkapnya.

Sementara itu, dari sisi konsumsi masyarakat diperkirakan tetap terjaga, seiring dengan laju inflasi yang masih berada dalam koridor yang ditetapkan. Menkeu yakin, aktivitas konsumsi masyarakat akan tetap tumbuh positif,

“Dari kebijakan fiskal, kami menggunakan seluruh ruang yang ada untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada saat yang sama, memang masih harus ada konsolidasi, karena ekspektasi penerimaan negara selama dua tahun terakhir sangat optimis,” tuturnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP