Limbah Tailing Emas Bisa Dimanfaatkan Jadi Bahan Bangunan

Ilustrasi Pengolahan limbah
Sumber :
  • http://www.airlimbahku.com

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mengkaji pembiayaan pembangunan permukiman yang lebih efisien. Kini, untuk menekan biaya pembangunan yang cenderung mahal, bahan bangunan  dari limbah tailing pertambangan emas disebut bisa dijadikan solusi.

Inovasi dan Teknologi untuk Masa Depan Industri Bahan Bangunan dan Dekorasi

Sekretaris Balitbang PUPR, Bernaldy mengatakan, bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, untuk pemanfaatan limbah bekas penambangan atau tailing untuk bahan bangunan, seperti keramik, genteng, dan bahan alternatif sebagai campuran semen.

"Produk limbah tailing, itu bisa dimanfaatkan, makanya kami kerja sama dengan Antam," kata Bernaldy dalam diskusi dengan beberapa awak media di kantor Kementerian PUPR, Kamis 22 September 2016.

40 Ponpes Terdampak Gempa Cianjur Dapat Bantuan Bahan Bangunan

Menurutnya, bahan bangunan dari produk limbah ini kualitasnya juga terjamin, dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan rumah. Biaya yang dapat ditekan mencapai 25 persen dari biaya menggunakan bahan semen.

"Itu harganya bisa 3/4 dari semen normal. Manfaat limbah tailing bisa digunakan misalnya buat jalan. Pavin blok itu sangat kuat," kata dia.

Produk Bahan Bangunan Lokal Ini Mejeng di IndoBuildTech 2022

Selain itu, limbah yang ada di pusat semburan Lumpur Sidoarjo juga bisa digunakan untuk bahan bangunan seperti batako.

"Dari Puskim (Pusat permukiman Balitbang) sudah ada penelitian, Limbah Sidoarjo itu juga bisa buat batu bata, inovasi seperti ini yang akan terus kita tingkatkan.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya