TUTUP
TUTUP
BISNIS

Harga Premium Turun Bulan Depan, Solar Naik

Keputusan ini hasil evaluasi harga yang dilakukan pemerintah.
Harga Premium Turun Bulan Depan, Solar Naik
Kepala Dirjen Migas Prof. Dr. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja. (VIVA.co.id/M. Ali. Wafa)

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan akan melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bulan depan. 

Berdasarkan data penurunan harga minyak mentah internasional dan memperhitungkan beberapa faktor lainnya. Harga premium akan diturunkan dan solar dinaikkan mulai 1 Oktober 2016. 

"Rata-rata tiga bulan terakhir ada perubahan sedikit. Premium turun, solar naik," ujarnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 22 September 2016.

Meskipun demikian, pihaknya belum dapat menyampaikan berapa besaran harga perubahannya. Sebab, hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

"Harga nanti kita diskusikan dulu ke Pak Menteri, nanti kebijakannya seperti apa. Kisarannya antara Rp300 sampai Rp500 per liter. Itulah fluktuasinya. Naik turunnya rata-rata segitu," tuturnya.

Sekedar informasi, evaluasi ini merupakan formula kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM. Karena, di pertengahan tahun kemarin ada hari raya Idul Fitri, pemerintah tidak jadi melakukan evaluasi harga BBM.

Rencananya, Kementerian ESDM akan melakukan perhitungan pada 25 September 2016. Adapun, salah satu dasar yang menjadi nilai perhitungan adalah harga minyak mentah dunia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP