TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

BI Proyeksi Ekonomi Dunia Hanya Tumbuh 3 Persen

Ekonomi dunia bisa turun bila ekonomi AS tidak tumbuh sesuai prediksi.
BI Proyeksi Ekonomi Dunia Hanya Tumbuh 3 Persen
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVA.co.id – Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia hanya mampu tumbuh di angka tiga persen. Proyeksi ini sedikit lebih rendah dari perkiraan yang ditetapkan oleh sejumlah lembaga internasional di kisaran 3,1 persen.

“Kami perkirakan tahun ini pertumbuhan ekonomi dunia hanya mampu mencapai tiga persen, turun dari 3,1 persen,” ujar Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis, 22 September 2016.

Bahkan, proyeksi tersebut masih bisa turun, apabila perekonomian negeri Paman Sam, Amerika Serikat tidak dapat tumbuh seperti yang diharapkan. Menurut Agus, sampai saat ini memang kondisi perekonomian global masih penuh dengan ketidakpastian.

“Kalau tumbuh di luar perkiraan, (pertumbuhan ekonomi dunia) bisa 2,9 persen,” katanya.

Sementara untuk Tiongkok dan India, mantan Menteri Keuangan itu menilai, pertumbuhan ekonomi kedua negara tersebut pada tahun ini masih akan tetap terkoreksi. Kondisi ini pun tentu akan memiliki implikasi terhadap ekonomi dunia, tak terkecuali bagi Indonesia.

“Tiongkok dari 6,5 persen, bisa menjadi 6,2 persen, Begitu juga India yang diprediksi masih turun. Situasi ini bisa berdampak pada dunia, khususnya Indonesia,” ujar Agus. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP